Catat Cara Atasi Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul, Mudah Tidak Ribet

Catat Cara Atasi Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul, Mudah Tidak Ribet

Teknologi | BuddyKu | Senin, 29 Mei 2023 - 21:37
share

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Mungkin ada sebagian orang kebingungan cara mengatasinotifikasi WhatsApp tidak muncul. Mengingat, notifikasi ini yang memberitahu atau mengingatkan pengguna adanya pesan masuk.

Biasanya, setiap pesan yang masuk akan ditandai dengan munculnya notifikasi pada ponsel penerima. Pratinjau pesan akan terlihat untuk melihat sebagian isi pesan yang dikirimkan.

Di beberapa kasus notifikasi ini tidak diterima oleh pengguna. Lantas bagaimana cara memperbaikinya?

Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul

1. Perbarui WhatsApp

Hal pertama yang mesti dilakukan yaitu mencoba memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi terbaru. Aplikasi versi lawas berpotensi mengalami masalah, terutama berkaitan dengan notifikasi yang tidak muncul, mencadangkan data, dan kesulitan melakukan panggilan suara atau video.

Cek Play Store atau App Store untuk memeriksa apakah versi terbaru aplikasi WhatsApp telah tersedia.

2. Nyalakan notifikasi WhatsApp di Pengaturan

Notifikasi pada perangkat bisa saja dinonaktifkan agar tidak terlihat karena terkesan mengganggu. Untuk mengaktifkannya kembali, cukup masuk ke Pengaturan pada ponsel Anda. Kemudian masuk ke Manajemen Aplikasi, lalu tekan Aplikasi.

Setelah itu lihat daftar aplikasi yang muncul dan pilih WhatsApp. Selanjutnya tekan Kelola notifikasi, lalu aktifkan panel tampilkan notifikasi WhatsApp.

3. Paksa berhenti dan hapus cache

Sama seperti aplikasi yang lain, WhatsApp juga akan menyimpan data sementara sebagai cache untuk mempercepat proses pemuatan aplikasi.

Notifikasi bisa saja tidak muncul saat cache tidak dibersihkan dalam waktu yang lama. Maka untuk menghapus cache, cukup buka Pengaturan dan masuk ke Manajemen Aplikasi.

Buka pengaturan WhatsApp dari daftar Aplikasi. Kemudian buka Penggunaan penyimpanan, lalu hapus cache dan data aplikasi.

Topik Menarik