Cedera Lututnya Parah, Christian Adinata Pasrah

Cedera Lututnya Parah, Christian Adinata Pasrah

Olahraga | BuddyKu | Senin, 29 Mei 2023 - 22:46
share

JAKARTA Tunggal putra bulutangkis Indonesia, Christian Adinata, menanggapi santai cedera lutut yang dialaminya dengan cukup parah. Dia memasrahkan diri kepada Tuhan dan menerima kenyataan pahit tersebut sebagai perintah dari-Nya untuk rehat sejenak dari dunia bulutangkis.

Christian mengalami cedera lutut ketika bermaiin di babak semifinal Malaysia Masters 2023, pada Sabtu 27 Mei 2023, melawan wakil India, Prannoy H. S. Pada awalnya, dia mampu beraksi tanpa kendala hingga akhirnya pertandingan terpaksa dihentikan pada gim pertama saat dia tertinggal di angka 17-19.

Pasalnya, pemain berusia 21 tahun itu terkilir ketika melompat untuk membalas pukulan Prannoy di bagian belakang lapangan. Sayangnya, kakinya menapak dengan posisi yang kurang baik sehingga lututnya nampak mengalami masalah hingga membuatnya meringis kesakitan dan akhirnya keluar lapangan dengan menggunakan kursi roda.

Kemudian, setelah menjalani tes MRI di Jakarta pada Senin (29/5/2023), kondisi cedera lutut pemain ranking 56 dunia itu diketahui cukup parah. Bahkan, ligament tempurungnya robek dan juga ada memar tulang bagian lutut dan cartilage defect pada tulang lutut.

Setelah kabar itu tersebar, masyarakat pecinta bulutangkis Tanah Air pun berbondong-bondong memberikan dukungan pada Christian. Mereka sangat khawatir cedera itu bakal mempengaruhi masa depan peraih medali emas SEA Games 2023 Kamboja tersebut.

Akan tetapi, Christian ternyata sangat santai menghadapi cedera lutunya tersebut. Dia menyerahkan semuanya kepada Tuhan dan menganggapnya sebagai perintah untuk rehat sejenak dari dunia tepuk bulu.

Pada pesimis amat, enjoy aja nikmatin jalannya. Bapaku di Surga sudah membawa saya sampai sejauh ini bukan untuk kegagalan, mungkin ini disuruh istirahat sebentar dari dunia badminton karena terlalu ngegas sampe lupa ngerem, tulis Christian di Instagram-nya, @christianadinata16, Senin (29/5/2023).

Sebelumnya, pada siang ini Ketua Bidang Medis PP PBSI, Prof. Dr. dr. Nicolaas C. Budhiparama, PhD, SpOT (K), FICS, mengungkapkan hasil tes MRI Christian. Dia menjelaskan secara detail apa yang dialami oleh Christian yang setidaknya tidak boleh menekuk lututnya selama tiga pekan ke depan. Namun, belum diketahui berapa lama dia akan absen hingga pulih kembali.

Saat ini Christian memang perlu tindakan untuk proses penyembuhan cedera lutut. Dari hasil MRI, cedera lututnya memang cukup parah, kata Christian dikutip dari rilis PBSI, Senin (29/5/2023).

Ligamen tempurung robek. Selain itu juga ada memar tulang bagian lutut dan cartilage defect pada tulang lutut, tambahnya.

Siang ini, darah beku di bagian lutut dievakuasi dulu. Lalu, sebagai bagian penyembuhan, dalam tiga minggu ke depan, lutut Christian tidak boleh ditekuk dahulu, pungkasnya.

Topik Menarik