Ribuan Dievakuasi di Filipina Akibat Topan Mawar

Ribuan Dievakuasi di Filipina Akibat Topan Mawar

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 29 Mei 2023 - 20:43
share

Pemerintah Filipina mulai mengevakuasi ribuan penduduk desa, menutup sekolah-sekolah dan kantor-kantor, serta memberlakukan larangan berlayar pada hari Senin (29/5) ketika Topan Mawar mendekati provinsi-provinsi di utara negara itu seminggu setelah menghantam wilayah AS di Guam.

Topan tersebut membawa angin berkecepatan maksimum 155 kilometer per jam dan hembusan hingga 190 kilometer perjam tetapi diperkirakan tidak akan menyerang wilayah pegunungan itu secara langsung. Proyeksi saat ini menunjukkan topan membelok ke timur laut menuju Taiwan atau Jepang selatan.

Meskipun diperkirakan akan melambat secara signifikan, pihak berwenang memperingatkan kemungkinan terjadinya gelombang pasang yang berbahaya, banjir bandang, dan tanah longsor saat melewati provinsi paling utara Filipina, Batanes, dari Selasa hingga Rabu. Para pejabat penanggulangan bencana mengatakan jalur topan dapat berubah secara tiba-tiba dan semua pihak mesti bersiap diri.

Bahkan jika matahari sudah terbit, cuaca saat ini sangat tidak dapat diprediksi dan dapat berubah kapan saja sehingga kita harus selalu waspada, kata Raffy Alejandrom seorang pejabat tinggi di Kantor Pertahanan Sipil kepada Associated Press. "Kita berbicara di sini tentang potensi ancaman terhadap nyawa."

Topik Menarik