PM Jepang Kishida Pecat Putranya sebagai Ajudan gegara Perbuatan Konyol

PM Jepang Kishida Pecat Putranya sebagai Ajudan gegara Perbuatan Konyol

Nasional | BuddyKu | Senin, 29 Mei 2023 - 20:16
share

TOKYO, iNews.id - Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida memecat putranya, Shotaro Kishida, sebagai ajudan. Penyebabnya, Shotaro bercanda berlebihan dengan pura-pura menggelar konferensi pers di podium kediaman dinas tempat ayahnya biasa tampil.

Foto-foto saat Shotaro dan kerabatnya berpura-pura menggelar konferensi pers dirilis majalah. Sontak saja foto-foto itu menjadi viral dan memicu kritikan tajam netizen.

Fumio Kishida mengatakan, putranya tak lagi mnjalankan tugas mulai Kamis (1/6/2023) karena melakukan perbuatan tidak pantas di kediaman resmi.

Perilakunya di ruang publik tidak pantas sebagai seseorang yang menduduki posisi resmi sebagai pembantu politik. Saya telah memutuskan untuk menggantinya sebagai bentuk pertanggungjawaban, kata Fumio Kishida, dikutip dari Reuters, Senin (29/5/2023).

Seiji Osaka, seorang anggota legislatif senior dari partai oposisi terbesar Jepang, Partai Demokratik Konstitusional, menilai pemecatan Shotaro seharusnya dilakukan sejak awal.

Ini sudah terlambat. Saya menduga (Kishida) menunjuk seseorang yang tidak mampu (menjadi) ajudan perdana menteri untuk jabatan itu, kata Osaka, dikutip dari Kyodo.

Topik Menarik