Berikut Fungsi dan Cara Menggunakan Paddle Shift Pada Mobil Matic Anda! Yuk Simak Disini

Berikut Fungsi dan Cara Menggunakan Paddle Shift Pada Mobil Matic Anda! Yuk Simak Disini

Otomotif | BuddyKu | Senin, 29 Mei 2023 - 17:51
share

JAKARTA, iNewsBanten - Salah satu fitur yang mulai banyak digunakan oleh mobil otomatis adalah Paddle shift. Fitur ini memungkinkan pengemudi untuk memindahkan gigi secara manual pada mobil otomatis menggunakan tuas yang ada di belakang setir.

Fitur ini bertujuan untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih sporty dan responsif, layaknya menggunakan manual.

Paddle Shift umumnya terdiri dari dua tuas yang terletak pada sisi kiri dan kanan kemudi. Masing-masing sisi memiliki fungsinya sendiri, seperti pada sisi kanan untuk mengubah gigi ke atas sedangkan sisi kiri untuk menurunkan gigi.

Dikutip dari Auto2000, berikut fungsi sebenarnya Paddle Shift pada mobil matik.

1. Mengubah gigi

Salah satu fungsi utama Paddle Shift adalah memungkinkan pengemudi untuk mengubah gigi secara manual pada mobil matik layaknya mobil bertransmisi manual. Dengan Paddle Shift, pengemudi dapat menaik turunkan gigi sesuai keinginan dan tanpa harus melepas tangan dari kemudi.

2. Engine brake

Dengan menggunakan paddle shift, pengemudi dapat menurunkan gigi secara manual saat menurunkan kecepatan atau saat berada di turunan curam. Dengan menurunkan gigi, mesin akan memberikan tekanan lebih pada roda dan menghasilkan tahanan mesin, sehingga membantu dalam memperlambat mobil tanpa harus menggunakan rem secara terus menerus.

3. Meningkatkan Akselerasi

Dalam situasi yang membutuhkan akselerasi cepat, pengemudi dapat menggunakan paddle shift untuk langsung menurunkan gigi dan mendapatkan tenaga maksimum dari mesin.

Hal ini dapat memberikan respons yang lebih cepat dan memberikan pengalaman mengemudi yang lebih dinamis.

4. Mengurangi Laju Kendaraan

Selain dapat meningkatkan akselerasi, Peddle Shift juga dapat digunakan untuk mengurangi laju kendaraan. Menurunkan gigi menggunakan paddle shift maka dapat membantu sistem pengereman untuk mengurangi laju kendaraan dengan memanfaatkan engine brake.

Artikel ini telah tayang dengan judul https://otomotif.okezone.com/read/2023/05/29/87/2821858/berikut-fungsi-paddle-shift-sebenarnya-pengguna-mobil-matik-wajib-tahu

Topik Menarik