Tingkatkan Literasi Keuangan PertaLife Insurance Gelar Seminar Inklusi dan Literasi

Tingkatkan Literasi Keuangan PertaLife Insurance Gelar Seminar Inklusi dan Literasi

Ekonomi | BuddyKu | Senin, 29 Mei 2023 - 17:50
share

SURABAYA, iNewsSidoarjo.id-Sebagai upaya untuk terus mendukung peningkatan literasi keuangan dilingkungan masyarakat termasuk mahasiswa, PT Perta Life Insurance (PertaLife Insurance) melalui program PertaLife Goes To Campus menyelenggarakan seminar dengan tema Inklusi dan Literasi, yang digelar di Auditorium Pascasarjana, Kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Senin, (29/5/2023).

Acara ini diikuti 100 mahasiswa dari berbagai jurusan. Direktur Utama PertaLife Insurance, Hanindio W. Hadi mengatakan, peningkatan literasi dan inklusi keuangan termasuk perencanaan dan penggunaan keuangan, perlu dikenalkan kepada mahasiswa.

Literasi keuangan masyarakat termasuk mahasiswa bertumbuh semakin baik, mahasiswa bisa mengetahui bagaimana mengelola uang yang baik, cara mengatur risiko keuangan dalam investasi, serta memahami penggunaan financial technology (fintech) agar terhindar dari pinjaman atau investasi legal yang saat ini marak terjadi,kata Hanindio.

Masih kata Hanindio, dari hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2022, yang dilaksanakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan, indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia sebesar 49,68%, naik dibanding tahun 2019 yang hanya 38,03%.

Sedangkan indeks inklusi keuangan tahun ini mencapai 85,10% meningkat dibanding periode SNLIK sebelumnya di tahun 2019 yaitu 76,19 %. Hal tersebut menunjukkan gap antara tingkat literasi dan tingkat inklusi semakin menurun, dari 38,16 % di tahun 2019 menjadi 35,42 % di tahun 2022.

Kegiatan seminar ini adalah komitmen PertaLife Insurance sebagai perusahaan asuransi jiwa yang telah 38 tahun eksis di perasuaransian nasional untuk meningkatkan partisipasi aktif terhadap literasi asuransi di masyarakat Indonesia, sebagaimana diwajibkan oleh Otoritas Jasa Keuangan kepada Pelaku Usaha Jasa Keuangan, jika masyarakat termasuk mahasiswa paham tentang perencanaan keuangan tentu akan turut serta membangun ekonomi yang tangguh dan siap menghadapi kondisi apapun termasuk bila dalam kondisi resesi terang Hanindio.

Terpisah, Department Head Of Corporate Communication PertaLife Insurance, Ratih Triutami Wijayanti menjelaskan, kegiatan PertaLife Goes To Campus merupakan rangkaian dari kegiatan menjelang 38 tahun PertaLife insurance yang jatuh pada 28 Juni 2023.

Dalam giat PertaLife Goes to Campus selain seminar Literasi dan Inklusi di ITS Surabaya, juga diselenggarakan di beberapa kota seperti Dumai, Medan, Semarang dan Cilacap, selain itu juga dilakukan talkshow di radio-radio, tentang pentingnya mempersiapkan masa depan,terang Ratih.

Topik Menarik