Rusia Pede Bisa Rontokkan Jet Tempur F-16 di Ukraina

Rusia Pede Bisa Rontokkan Jet Tempur F-16 di Ukraina

Nasional | BuddyKu | Senin, 29 Mei 2023 - 19:45
share

NAIROBI, iNews.id - Rusia menegaskan siap menghadapi jet tempur F-16 buatan Amerika Serikat (AS) jika dikirim ke Ukraina untuk berperang. Saat ini negara-negara Eropa sedang melatih pilot Ukraina untuk menerbangkannya.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergei Lavrov mengatakan, militernya punya kemampuan untuk merespons niat negara-negara Barat untuk melatih pilot Ukraina.

Mengenai Denmark dan Belanda dan niat mereka untuk berada di garis depan, melatih pilot Ukraina menggunakan pesawat Barat, pertama-tama ada keinginan untuk menyenangkan hegemon. Negara-negara ini secara aktif mengejar batas Washington dalam urusan Eropa,kata Lavrov, dikutip dari Sputnik.

Reaksi kami, saya yakin angkatan bersenjata memiliki kemampuan untuk menanggapi hal ini, ujarnya, menegaskan.

Negara-negara Barat, terutama Eropa, membentuk koalisi internasional beberapa pekan terakhir untuk membantu Ukraina mendapatkan dan mengoperasikan jet tempur buatan Lockheed Martin itu. Beberapa negara menawarkan diri menyediakan tempat pelatihan bagi pilot Ukraina. Meski demikian sejauh ini belum diputuskan di mana dan kapan pelatihan dimulai.

Ukraina tak bisa menggunakan F-16 dalam waktu dekat untuk berperang melawan Rusia. Selain pelatihan pilot, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan karena F-16 bukan jet tempur sembarangan. Pesawat ini membutuhkan landasan khusus yang bersih untuk menunjang operasional.

Rusia menegaskan, F-16 akan menjadi target yang sah untuk dihancurkan.

Topik Menarik