Malaysia Tahan Tongkang China karena Dicurigai Jarah Bangkai Kapal Perang Inggris

Malaysia Tahan Tongkang China karena Dicurigai Jarah Bangkai Kapal Perang Inggris

Nasional | BuddyKu | Senin, 29 Mei 2023 - 18:33
share

Badan Maritim Malaysia, Senin (29/5), mengatakan pihaknya menemukan selongsong meriam yang diyakini berasal dari Perang Dunia II di kapal berbendera China dan sedang menyelidiki apakah kapal tongkang itu terlibat dalam penjarahan dua bangkai kapal perang Inggris di Laut China Selatan.

Media-media Malaysia melaporkan bahwa kapal-kapal pemburu harta karun ilegal diyakini telah menarget HMS Repulse dan HMS Prince of Wales, yang tenggelam pada tahun 1941 oleh torpedo Jepang, beberapa hari setelah serangan di Pearl Harbor.

Sebanyak 842 pelaut tewas, dan kedua bangkai kapal itu ditetapkan sebagai kuburan perang. Sejumlah nelayan dan penyelam memberi tahu pihak berwenang setelah melihat kapal asing di dekat daerah itu bulan lalu.

Badan tersebut mengatakan menahan kapal yang terdaftar di Fuzhou, China, tersebut pada Minggu karena berlabuh tanpa izin di negara bagian Johor, Malaysia. Badan itu mengatakan, ada 32 awak di kapal itu, termasuk 21 warga China, 10 warga Bangladesh dan seorang warga Malaysia.

Topik Menarik