Perkuat Pengawasan Pemilu, Mappilu PWI Malang Raya Diapresiasi Ketua Bawaslu Kota Batu

Perkuat Pengawasan Pemilu, Mappilu PWI Malang Raya Diapresiasi Ketua Bawaslu Kota Batu

Travel | BuddyKu | Senin, 29 Mei 2023 - 17:12
share

BATU (SurabayaPost.id) Perkuat pengawasan pemilu, Mappilu (masyarakat dan pers pengawas pemilu) PWI Malang Raya, diapresiasi Ketua Bawaslu Kota Batu Abdurrohman.

Hal tersebut, disampaikan Abdurrohman saat Mappilu PWI Malang Raya mendaftar kepada Bawaslu Kota Batu.

Pemantau Pemilu berkewajiban untuk melindungi hak pilih setiap warga Negara. Di Kota ini tercacat 433 calon legislative dari 18 Parpol yang telah mendaftar. Mereka memperebutkan 30 kursi kursi di Dewan, kata Abdurrohman saat menerima pendaftaran Mapillu diruang Kantor Bawaslu Kota Batu,Senin (29/5/2023).

Dengan kondisi ini, menurutnya suhu politik perebutan kursi menghangatkan Batu.

Saya mengapresiasi kehadiran Mappilu PWI Malang Raya di Kota Batu. Dengan begitu Bawaslu Kota Batu tidak sendirian dalam menegakan aturan mengenai Pemilu, ujarnya.

Lantas, ujar dia, lewat partisipasi dari Media segala sesuatu yang viral di Medsos dapat diimbangi serta diluruskan.

Jurnalis saat mengawasi pelaksanaan Pemilu dapat membuat berita berimbang dan tidak tebang pilih, pesan dia.

Foto saat giat sedang berlangsung Kantor Bawaslu Kota Betu
Foto saat giat sedang berlangsung Kantor Bawaslu Kota Betu

Dalam kesempatan yang sama, Ketua PWI Malang Raya Cahyono, menyampaikan jika langkah pendaftaran Mappilu ke Bawaslu Kota Batu ini sebagai langkah antisipasi kerawanan.

Dimana dalam Pemilu 2024 terdapat potensi gesekan antar masyarakat. Baik dalam Pilkada maupun Pilpres mendatang. Mappilu sebagai satu lembaga pengawas dari unsur wartawan yang diakui Pemerintah. Tugasnya memantau Pemilu, papar Cahyono.

Jika tidak ada kerjasama dengan berbagai pihak seperti Bawaslu, menurutnya dikhawatirkan akan menimbulkan kerancuan.

Jagalahmarwah PWI, jangan sampai tercoreng.Tugas Mappilu adalah untuk membantu Pemerintah, agar Pemilu tahun depan berjalan sukses dan damai, tegas Cahyono.

Senada Ketua Mappilu PWI Malang Raya, Muhaimin menegaskan pendaftaran Mappilu Batu ini guna mengakomodir masing-masing wilayah kerja PWI Malang Raya.

Dimana wilayah kerja organisasi wartawan ini terdapat tiga wilayah,
yakni Kota Batu, Kabupaten Malang,
dan Kota Malang sendiri.Bawaslu Kota Batu merupakan mitra strategis dalam ruang lingkup pengawasan Pemilu mendatang, ungkap Muhaimin.

Selanjutnya ungkap dia, nantinya akan ada penguatan dan pembekalan literasi perundang dan aturan pelaksanaan Pemilu dari Bawaslu.

Dengan memahami Undang Undang,
saya berharap pelaksanaan pemantauan dapat menyukseskan Pemilu mendatang, pungkasnya.(Gus)

The post Perkuat Pengawasan Pemilu, Mappilu PWI Malang Raya Diapresiasi Ketua Bawaslu Kota Batufirst appeared on SurabayaPost.