Menag Lepas Calon Jamaah Haji Kloter Pertama di Bandara Internasional Kertajati Majalengka

Menag Lepas Calon Jamaah Haji Kloter Pertama di Bandara Internasional Kertajati Majalengka

Travel | BuddyKu | Senin, 29 Mei 2023 - 13:50
share

MAJALENGKA, iNewsCirebon.id - Sebanyak 369 calon jamaah haji bagian dari jamaah haji kloter pertama di lepas keberangkatnya dari Bandara Internasional Kertajati, Majalengka,Jawa Barat.

Menteri Agama Republik Indonesia, Yakut Cholil Qoumas, melepas langsung keberangkatan jemaah calon haji kloter pertama tersebut, Minggu (28/5/2023) malam.

Didampingi oleh Gubernur Jawa Barat, Bupati Indramayu dan Bupati Majalengka, Yakut menyambangi para jemaah calon haji yang tengah menunggu keberangkatan pesawat di ruang tunggu Bandara Kertajati.

Saat menyambangi para jemaah calon haji, Yakut melihat keceriaan keluar dari wajah para jemaah calon haji, ia pun berharap keceriaan itu tetap ada hingga kembali ke Indonesia.

Saya lihat jemaah haji ini wajahnya cerah dan seger-seger, mudah-mudahan kecerahan dan kesegaran ini bertahan sampai ke tanah suci dan pulang kembali ke tanah air, ucapnya.

Yakut menjelaskan, saat ini cuaca di Arab Saudi sedang dilanda panas yang cukup ekstrim, hingga 50 derajat celcius, ia pun berpesan kepada para jemaah untuk bersiap menghadaoi cuaca ekstrim itu.

Kita tahu, hari ini tuh cuacanya 50 derajat, ini suhu yang sangat tinggi, kementerian agam sudah memberikan pesan kepada jemaah untuk bersiap-siap, pakai semprotan air, pakai payung, jelasnya.

Untuk menghadapi cuaca ekstrim, Kementerian Agama telah menyiapkan petugas untuk membantu para jemaah, mengingat mayoritas jemaah yang nerangkat haji ialah lansia.

Selain itu, petugas juga telah kita siapkan untuk menghadapi cuaca panas yang cukup ekstrim, petugas lansia pun kita siapkan, kita tahu sepertiga total jemaah yaitu lansia, tutupnya.

Diketahui, jemaah calon haji yang berangkat Minggu (28/5/2023) malam dari Bandara Kertajati, sebanyak 369 jemaah. Keberangkatan jemaah calon haji tersebut merupakan penerbangan pertama dari Bandara Kertajati menuju Arab Saudi.

Rencananya, Yakut ingin Bandara Kertajati tidak hanya digunakan oleh jemaah asal Jawa Barat, namun ia meminta kepada Kementerian Perhubungan untuk membuat rekayasa pemberangkatan jemaah haji wilayah Jawa Tengah bagian Barat dan Selatan, untuk menggunakan Bandara Kertajati.

Tahun ini Bandara Kertajati digunakan oleh jemaah haji Jawa Barat bagian Utara, mudah-mudahan tahun depan kita bisa skenariokan juga untuk Jawa Tengah bagian Barat, ungkapnya saat mengunjungi Bandara Kertajati.

Alasannya, kata Yakut, wilayah Jawa Tengah bagian Barat dan Selatan lebih dekat ke Majalengka dibandingkan ke Solo.

Jawa Tengah bagian Barat dan Selatan itu lebih dekat kesini (Bandara Kertajati) dari pada ke Solo, jadi nanti bisa di rekayasa, tidak hanya dimanfaatkan oleh calon jemaah dari Jawa Barat, katanya.

Nantinya Bandara Kertajati akan melayani sebanyak 24 kloter atau 24 penerbangan yang akan memberangkatkan 8.848 jemaah calon haji.

Topik Menarik