6 Film Indonesia dengan Penghargaan Terbanyak, No 4 Nyaris Masuk Oscar

6 Film Indonesia dengan Penghargaan Terbanyak, No 4 Nyaris Masuk Oscar

Seleb | BuddyKu | Senin, 29 Mei 2023 - 08:51
share

JAKARTA Film Indonesia terus berkembang. Selain akhir-akhir ini terus berjaya di negeri sendiri, film garapan sineas Tanah Air juga mampu berbicara banyak di kancah internasional.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya film nasional diganjar penghargaan internasional . Berikut 6 film Indonesia yang dianugerahi penghargaan internasional terbanyak.

1.Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak(2017) 6 Penghargaan Foto/wikipedia

Film besutan Mouly Surya tersebut memang kurang sukses di bioskop nasional, tapi tidak di festival film tingkat dunia di mana film ini merajai.

Film yang tayang di 19 negara ini mengumpulkan 17 piala dan 24 kali masuk nominasi penghargaan. Keelokan Sumba dan jalan cerita yang matang jadi alasan filmMarlina si Pembunuh dalam Empat Babakbegitu memesona mata sineas dunia.

Penghargaannya, antara lain Festival Film Sitges, Tokyo FILMeX, dua piala Asia-Pacific Film Festival, Five Flavours Asian Film Festival, dan QCinema International Film Festival.

2.Sekala Niskala(2017) 6 Penghargaan Foto/FFI

Sekala Niskalatampil sebagai film alternatif yang punya jalan cerita menyentuh hati. Film karya Kamila Andini ini pernah ditayangkan Busan International Film Festival, Toronto International Film Festival, danJogja-NETPAC Asian Film Festival.

Meski kurang mendapat panggung di negeri sendiri,Sekala Niskalaberhasil menyabet penghargaan Best Feature pada 2017 di Asia Pacific Screen Awards dan Tokyo FILMeX. Tahun selanjutnya pada Adelaide Film Festival, Berlin International Film Festival, QCinema International Film Festival, dan Shanghai International Film Festival.

3.Babi Buta yang Ingin Terbang(2008) 5 Penghargaan Foto/kineforum

Muncul di dekade 2000 an, film karya Edwin ini memang tidak setenar film film lain, sepertiAADC(2002),Eiffel im in Love(2008) atauAyat-ayat Cinta(2008).

Babi Buta yang Ingin Terbangjuga diterjemahkan dalam beberapa bahasa dan mendapat sambutan baik lantaran premis etnis yang diangkat melekat di masyarakat

Film ini meraih lima piala, di antaranya Golden Horse Film Festival, Rotterdam International Film Festival, Singapore International Film Festival, dan dua piala dari Nantes Three Continents Festival.

4.Kucumbu Tubuh Indahku(2018) 5 Penghargaan Foto/youtube

Tak mau kalah dengan sang anak Kamilia Andini sebagai sutradara, film garapan Garin Nugroho ini cukup dinilai menuai perdebatan soal jalan ceritanya. Meski begitu film Indonesia ini sudah keliling festival dunia dan mengharumkan industri film Tanah Air.

Ada 13 piala penghargaan yang terdiri dari lima festival internasional dan sembilan piala Festival Film Indonesia. Selain itu juga masuk nominasi sebanyak delapan kali. Tiga penghargaan internasional kategori Film Terbaik yang disabet pada 2018, di antaranya Venice Independent Film Critic, Festival Des 3 Continents, dan Asia Pacific Screen Awards.

Pada 2019, film yang hampir masukOscarini meraih piala International Cinephile Society Awards dan Guadalajara International Film Festival.

5.Pengabdi Setan(2017) 3 Penghargaan Foto/youtube

Sutaradara Joko Anwar sukses membuat corak baru filmhoror Pengabdi Setanyang dia besut pada 2017. Di Indonesia, tercatat film ini raih4.206.103penonton dan jadi film terlaris pertama 2017.

Sukses di Indonesia,Pengabdi Setanjuga tayang di 42 negara. Selain itu, film ini juga masuk ke 40 festival film internasional dan mendapat piala kategori Film Horor Terbaik di ajang Toronto After Dark Film Festival, Overlook Film Festival, dan Popcorn Frights Film Festival.

6.Turah(2016) 2 Penghargaan Foto/youtube

FilmTurahenggak berbahasa Indonesia, melainkan berbahasa Tegal. Film karya Wicaksono Wisnu Legowo ini justru melaju pesat di kancah internasional. Penghargaan demi penghargaan diterimanya, yakni Singapore International Film Festival 2016, Bengaluru International Film Festival 2017, sampai Asean International Film Festival and Award 2017.

(wyn)

Topik Menarik