Makanan yang Wajib Dihindari Bagi Orang Idap Kolestrol Tinggi, Jika Ingin Selamat!

Makanan yang Wajib Dihindari Bagi Orang Idap Kolestrol Tinggi, Jika Ingin Selamat!

Seleb | BuddyKu | Minggu, 28 Mei 2023 - 19:55
share

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Pengidap penyakit kolesterol tinggi harus sangat berhati-hati ketika memilih manu makanan. Bahkan, orang yang idap kolesterol tinggi harus merubah kebiasaan makan mereka dengan makanan yang sehat.

Sebab, ketika makanan yang mereka konsumsi tidak terkontrol dengan baik termasuk kandungan, jenis serta porsinya, maka dapat memicu naiknya kadar kolesterol jahat (LDL) pada tubuh. Efek yang disebabkan hal ini dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan, sebagai contoh adalah penyakit stroke, kardiovaskular, hingga penyumbatan pembuluh darah.

Lalu apa saja makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita yang kena kolesterol tinggi? berikut ulasannya seperti dirangkum Okezone dari Healthline dan EverydayHealth.

1. Ayam goreng

Makanan yang wajib dihindari orang yang idap kolesterol tinggi adalah ayam goreng, apalagi ayam dengan kulit akan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sebab kandungan lemak pada kulit ayam sangat tinggi. Menurut ahli kesehatan, satu paha ayam yang berkulit, memiliki kandungan lemak jenuh lebih tinggi dibandingkan dengan hamburger. Jika ingin makan ayam goreng, alangkah baiknya hilangkan kulitnya.

Menghilangkan kulit akan membantu mengurangi kandungan lemak secara keseluruhan, kata Kristi King, Ahli diet senior di Rumah Sakit Anak Texas dan instruktur klinis di Baylor College of Medicine di Houston.

2. Gorengan

Selain kulit paha ayam, makanan berbahaya yang digoreng juga memiliki kandungan lemak trans, di mana dapat mengubah makanan yang sebelumnya sehat menjadi makanan yang dapat meningkatkan kolesterol.

Lemak jahat (LDL) yang dihasilkan dari penambahan hidrogen ke minyak nabati, dan digunakan untuk makanan yang beredar di pasaran, atau makanan yang digoreng seperti kue kering, kentang goreng, onion ring, dan kerupuk, akan menjadi makanan yang buruk bagi tubuh, sebab dapat meningkatkan kadar kolesterol.

3. Dessert

Kue, es krim, kue kering, dan makanan manis lainnya pastinya sangat enak dan menyenangkan, tapi tinggi kolesterol, dan tinggi kadar gula, lemak tidak sehat, serta kalori.

Jika mengonsumsi makanan berbahaya ini dalam jumlah banyak, maka bisa berdampak negatif bagi kesehatan dan menyebabkan kenaikan berat badan seiring berjalannya waktu. Dalam sejumlah penelitian, dapat menyebabkan obesitas, diabetes, penyakit jantung, penurunan mental, dan kanker tertentu.

Sebaiknya batasi atau hindari makanan berkolesterol tinggi tertentu, seperti makanan cepat saji, daging olahan, gorengan, dan makanan penutup manis, bunyi keterangan dalam Healthline.

4. Daging olahan

Daging olahan, seperti sosis, hot dog dan bacon merupakan salah satu contoh makanan yang memiliki kolesterol tinggi dan harus dibatasi. Bahkan pantangan bagi orang yang memiliki kolesterol tinggi.

Asupan tinggi dari makanan ini terkait dengan peningkatan penyakit jantung dan kanker tertentu, seperti kanker usus besar. Sebuah studi yang melibatkan 614.000 peserta, menunjukkan hubungan dari setiap tambahan 2 ons (50 gram) porsi daging olahan per hari memiliki risiko penyakit jantung 42 persen yang lebih tinggi.

Itulah sejumlah makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang kena kolesterol tinggi. Semoga informasi ini bermanfaat.

Topik Menarik