Truk Pengangkut Pertalite dan Solar Terbaka di Tol Tangerang – Merak

Truk Pengangkut Pertalite dan Solar Terbaka di Tol Tangerang – Merak

Nasional | BuddyKu | Minggu, 28 Mei 2023 - 10:10
share

SERANG Sebuah truk tangki pengangkut BBM Pertalite dan Solar terbakar di Tol Tangerang Merak (Tamer) KM 56 arah Jakarta. Peristiwa yang terjadi pada Minggu (28/5/2023) itu sempat membuat arus lalu lintas tersendat lantaran api berkobar semakin besar.

Kepala Induk PJR Tol Tangerang-Merak, Kompol Wiratno mengatakan, api berasal dari bagian tangki bermuatan BBM sebanyak 16.000 liter Pertalite dan 8.000 liter Solar yang dikemudikan Ridwan (47). Melihat kejadian itu, kendaraan yang semula berjalan di lajur 1 menuju Jakarta itu langsung ditepikan ke bahu jalan.

Kendaraan berjalan di lajur satu. Kemudian muncul api dibagian tangki belakang. Pengemudi langsung meminggirkan kendaraan ke bahu jalan, ujarnya, Minggu (28/5/2023).

Usai meminggirkan kendaraannya, Ridwan sempat berusaha memadamkan api dengan menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan). Namun api yang sudah membesar sulit dipadamkan.

Akibat insiden itu, personil Induk PJR Sersng langsung melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan. Seluruh kendaraan yang menuju Jakarta dialihkan ke Exit GT Ciujung KM 60B dan masuk kembali ke Cikande KM 52B.

Kami juga berkoordinasi dengan Pertamina dan melaporkan kejadian serta membuat laporan, katanya.

Api akhirnya bisa dipadamkan oleh 1 unit Damkar Pertamina dan 5 unit Damkar Serang. Pemadaman berlangsung selama sekitar 2 jam yang kemudian dilanjutkan dengan proses pendinginan untuk memastikan tidak ada percikan api yang keluar lagi.

Wiratno mengatakan kobaran api diduga dari adanya korsleting listrik di badan truk. Namun, saat ini kepolisian juga masih melakukan penyelidikan agar mengetahui jelas penyebab kebakaran yang menghanguskan truk pengangkut bahan bakar tersebut. Untuk perkara tersebut telah ditangani Reskrim Polsek Cikande.

Dalam lidik, diduga korsleting listrik di badan truk, ucapnya. (Nin/Red)

Topik Menarik