8 Manfaat Kuning Telur Ayam Kampung Mentah

8 Manfaat Kuning Telur Ayam Kampung Mentah

Travel | BuddyKu | Sabtu, 27 Mei 2023 - 13:55
share

Telur ayam kampung telah dikenal sebagai salah satu lauk yang kaya akan gizi, mudah didapat, dan dapat diolah menjadi berbagai hidangan lezat. Telur jenis ini dikenal memiliki kualitas gizi yang lebih tinggi dan alami dibandingkan dengan telur ayam negeri. Namun, apa saja manfaat kuning telur ayam kampung mentah?

Telur ayam kampung diproduksi oleh ayam kampung yang dibesarkan secara bebas. Istilah "kampung" di sini bukan berarti ayam hidup di lingkungan perkampungan, melainkan ayam yang dibiarkan berkeliaran secara bebas dan tidak terus-menerus berada di dalam kandang.

Manfaat Kuning Telur Ayam Kampung Mentah

Sebutir telur ayam kampung mengandung sekitar 35-40 kkal. Selain itu, kuning telur ayam kampung kaya akan protein serta berbagai nutrisi lainnya, seperti lemak, fosfor, kalsium, kalium, zat besi, seng, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan biotin. Berkat kandungan nutrisinya yang lengkap, konsumsi kuning telur ayam kampung mentah dapat memberikan manfaat berikut ini:

  1. Meningkatkan energi

Konsumsi telur ayam kampung dapat membantu meningkatkan energi dalam tubuh. Manfaat ini dapat diperoleh berkat kandungan protein, lemak, dan fosfor di dalam telur. Selain itu, telur ayam kampung juga mengandung zat besi dan seng yang berperan penting dalam menambah energi tubuh.

  1. Memperkuat daya tahan tubuh

Telur ayam kampung dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh dengan mengandung protein, beta karoten, dan seng. Nutrisi-nutrisi ini dapat mengaktifkan sel-sel imun dalam tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih kuat dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

  1. Menjaga kekuatan otot

Kandungan fosfor yang baik dalam telur ayam kampung berperan penting dalam menjaga fungsi otot-otot tubuh dan mendukung pemulihan otot setelah berolahraga. Selain itu, protein yang terdapat dalam telur ayam kampung juga diketahui mampu membentuk dan mempertahankan massa otot.

  1. Mencegah tulang keropos

Penurunan kepadatan tulang sering terjadi seiring dengan pertambahan usia, yang dapat menyebabkan keroposnya tulang. Untuk mencegah hal ini, penting untuk memperbaiki pola makan dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, kalsium, kalium, dan fosfor, yang dapat ditemukan dalam telur ayam kampung.

  1. Menjaga kesehatan rambut dan kuku

Konsumsi telur ayam kampung dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan kuku. Kandungan biotin dan asam amino di dalam telur ayam kampung dapat memberikan nutrisi yang diperlukan agar rambut tetap berkilau, tidak mudah rontok, dan kuku tetap kuat.

  1. Menjaga kesehatan otak

Kuning telur ayam kampung kaya akan kolin, yang diketahui memiliki dampak positif pada fungsi otak dalam hal daya ingat, pemikiran, dan pemrosesan informasi. Telur juga mengandung triptofan, jenis asam amino esensial yang dapat memicu produksi hormon bahagia, seperti serotonin.

  1. Meningkatkan kesehatan mata

Tubuh yang kekurangan vitamin A berisiko tinggi terkena penyakit mata, seperti degenerasi makula atau katarak. Kabar baiknya, telur ayam kampung juga merupakan sumber vitamin A, sehingga dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin A Anda dan membantu menjaga kesehatan mata.

  1. Meningkatkan kesuburan pada pria

Telur ayam kampung dipercaya dapat menjadi pengobatan pendukung bagi pria yang mengalami masalah kesuburan. Hal ini disebabkan oleh kandungan seng yang terdapat dalam telur ayam kampung, yang diketahui dapat meningkatkan kualitas sperma.

Itulah berbagai manfaat kuning telur ayam kampung mentah. Dilihat dari metode budidayanya dan kandungan gizinya, telur ayam kampung memang lebih unggul dan lebih menyehatkan jika dibandingkan dengan telur ayam negeri.

Topik Menarik