Dewan Pengawas Baitul Mal Aceh Singkil di Kukuhkan

Dewan Pengawas Baitul Mal Aceh Singkil di Kukuhkan

Travel | BuddyKu | Sabtu, 27 Mei 2023 - 11:40
share

ACEH SINGKIL , iNewsPortalAceh . id - Penjabat Bupati Marthunis, ST., D.E.A, melantik dan mengambil sumpah jabatan 3 personil Dewan Pengawas Baitul Mal kabupaten Aceh Singkil Periode 2023-2028 di Op-Room Kantor Bupati, Jum\'at (26/5/2023).

Turut hadir dalam kegiatan unsur Forkopimda, Kapolres, Dandim 0109 Aceh Singkil, Ketua pengadilan, Ketua MPU, Anggota Badan Baitu Mal dan sejumlah kepala SKPK, beserta sejumlah undangan lainnya.

Tiga Dewan Pengawas yang dilantik dan diambil sumpah yaitu, Ir. H. Asmardin, MM sebagai Ketua, Abidah Manik, SE., M.AP sebagai Sekretaris dan Ridhwan, S.Pd., MM sebagai Anggota Pj. Bupati Aceh Singkil dalam sambutannya setelah melantik dan mengambil sumpah mennyampaikan ucapan selamat kepada dewas yang baru saja dilantik.

Saya ucapkan selamat atas pelantikan bapak/ibu sebagai Dewan Pengawas Baitul Mal Kabupaten Aceh Singkil periode 2023-2028.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan serta janji yang diucapkan, bukanlah acara seremonial belaka, namun merupakan titik awal bapak/ibu dalam melaksanakan tugas dan amanah yang diberikan serta sebagai bentuk rasa tanggung jawab, ungkap Marthunis.

Selanjutnya Marthunis mengingatkan bahwa Baitu Mal adalah lembaga keistimewaan Aceh yang mengelola dana Ummat.

Banyak tantangan yang harus kita selesaikan di Aceh Singkil ini, terutama terkait dengan kemiskinan, Baitul Mal tentu mempunyai peran besar dalam menyelesaikan kesejahteraan ummat, tambah Marthunis.

Pj. Bupati juga menyinggung tentang status Aceh Singkil yang tergolong Kabupaten yang angka kemiskinannya tinggi di Provinsi Aceh.

Oleh karena itu Baitu Mal harus kita awasi kinerjanya, salah satu cara untuk meningkatkan kinerja melalui transformasi digital dalam meningkatkan pengumpulan zakat, infaq dan shadaqah serta efektifitas dalam penyaluran zakat, infaq dan shadaqah tersebut, harap Marthunis.

Pengelolaan Baitu Mal adalah mengelola kepercayaan masyarakat, saya ingin Baitul Mal menjadi lembaga yang transparan, akuntabilitas yang pada akhirnya masyarakat semakin percaya dan semakin banyak menitipkan dana-dana ummat untuk dikelola Baitu Mal, lanjutnya.

Marthunis pada akhir sambutannya berharap kepada Dewan Pengawas agar mengawasi lembaga Baitul Mal secara benar.

Para Dewan Pengawas yang saya yakini figur-figur yang mumpuni, banyak pengalaman, baik dari sisi programing, keuangan, oleh sebab itu Baitu Mal perlu diawasi secara benar, sehingga nama lembaga Baitul Mal tidak tercoreng terkait dengan akuntabilitas dan transparansinya dan semua permasalahan yang ada harus diselesaikan secara tuntas, tegas Marthunis.

Dan Kedepan saya berharap Dewan Pengawas ini lebih menjaga, mengawasi, menjadi mitra yang baik dengan badan pelaksana, dengan sekretariat Baitu Mal, dan juga dengan segala jajarannya untuk menjadikan lemba Baitu Mal Aceh Singkil semakin dipercaya masyarakat, melalui program-program yang efektif dan bermanfaat untuk masyarakat, Pungkas Marthunis.

Topik Menarik