20 Budaya dan Kuliner Lombok Diriset Komunitas Joongla asal Bandung untuk Dipromosikan di Nasional

20 Budaya dan Kuliner Lombok Diriset Komunitas Joongla asal Bandung untuk Dipromosikan di Nasional

Travel | BuddyKu | Kamis, 25 Mei 2023 - 15:25
share

MATARAM, iNewsLombok.id - 20 Macam Budaya dan Kuliner Lombok dipilih komonitas asal Bandung untuk dipromosikan ditingkat Nasional. Joongla memilih Pulau Lombok sebagai program riset lapangan musim ke-3 setelah Pulau Sumatera dan Pulau Jawa.

Joongla menggandeng Dinas Perindustrian Prov NTB untuk membantu melakukan riset mereka, yaitu untuk mengetahui Keberagaman Budaya dan Kuliner yang ada di Lombok NTB, karena Lombok memiliki beragam budaya yang tercermin dalam kekayaan kuliner daerah , Pemberdayaan masyarakat setempat dalam mengembangkan potensi kuliner daerahnya.

Hal ini meliputi pengembangan Industri Kecil Menengah (IKM) yang berbasis pada Industri kuliner, serta pemberian pelatihan dan pendampingan ke masyarakat dalam mengelola dan mempromosikan produk kuliner khas Lombok NTB, dan Promosi Gastronomi Lombok di Tingkat Nasional dan Internasional.

Tujuan dari riset ini adalah untuk mempromosikan kuliner di tingkat nasional dan Internasional, dengan harapan wisatawan yang datang ke Lombok tidak hanya menikmati keindahan alam dan keunikan budayanya, tetapi juga mencicipi kelezatan kuliner khas Lombok NTB yang belum banyak di kenal.

Joongla adalah sebuah komunitas yang berada di Bandung yang terbentuk karena adanya kegelisahan tentang minimnya akses arsip-arsip makanan daerah di Indonesia, kegelisahan tentang rendahnya kesadaran masyarakat kelas menengah di kota besar terhadap pola konsumsi yang mereka pilih, kegelisahan terbatasnya ruang untuk berdiskusi tentang gastronomi nusantara yang dikemas dalam pengalaman berpetualang panca indra.

Kepala Dinas perindustrian Prov NTB Nuryanti, membantu mengidentifikasi dan memetakan elemen foodscape yang ada di Pulau Lombok, seperti pasar Tradisional, restoran, warung, kios makanan, dan festival kuliner, yaitu dengan melakukan survey lapangan mengumpulkan data keberagaman kuliner.

Teknik memasak, bahan-bahan, dan cara penyajian khas Lombok. Kemudian melakukan studi literatur dan wawancara dengan masyarakat local, termasuk nelayan, petani, pedagang, pengerajin makanan untuk memahami budaya, sejarah, kearifan local yang terkait dengan makanan foodscape Lombok. Terakhir, menganalisis kebutuhan dan potensi pengembangan foodscape Lombok, ungkap Nuryanti.

Joongla percaya adanya sinergi antara pemerintah sebagai pemangku kebijakan publik, private sector, akademisi dan komunitas sebagai jendela pembuka untuk lebih banyak generasi muda paham gastronomi nusantara sebagai salah satu elemen kekuatan bangsa.

Sebagai kesimpulan, program riset lapangan gastronomy Lombok merupakan langkah penting dalam menggali dan mengembangkan potensi kuliner di Lombok, serta meningkatkan pariwisata kuliner yang berkelanjutan.

Melalui riset ini, diharapkan akan ditemukan inovasi dan ide-ide baru yang dapat mengankat nilai gastronomi Lombok ke tingkat lebih tinggi. Dinas Perindustrian Prov NTB berkontribusi membantu Komunitas Joongla untuk mencapai tujuannya, terlihat dari slogan komunitas Joongla tersebut.

Cinta pada ibu pertiwi, adalah penggerak energi untuk mengantarkan cerita tentang aroma dan rasa Indonesia kepada dunia. Adapun lokasi

Berikut 20 hasil identifikasi dan pememetaannyaa:

  1. Sembalun, Lombok Timur - Black Garlic - Ibu Saiun.
  2. Seriwe, Lotim - Ruput Laut, Lobster - IKM Putri Selatan.
  3. Masbagik Timur Lotim- Kuliner Khas Daerah - Mae Cenggo.
  4. Rarang Lotim - Kuliner Khas Daerah - Lesehan Ayam Maknyus.
  5. Pagutan - Nasi Ebatan - RM Arrizal.
  6. Banyumulek, Lombok Barat - Gerabah - Pasar Seni Banyumulek.
  7. Jonggat, Lombok Tengah - Makanan Tradisional - Pasar Bambo Bonjeruk.
  8. Labuan Tereng, Lembar - Budidaya Tiram Daging- Kelompok Budidaya Ikan Tambak Terune.
  9. Mataram- Sate Rembiga - Lesehan Goyang Lidah.
  10. Lombok Barat - Ayam Taliwang - Pak H. Moerad.
  11. Lombok Barat - Olah olah.
  12. Mataram - Pasar Tradisional - Pasar Bertais Sweta.
  13. Mataram - Pasar Tradisional - Pasar Kebon Roek Ampenan.
  14. Mataram - Pasar Tradisional - Pasar Pagesangan.
  15. Jajan Pasar Tradisional Mataram & Jajan Pasar Tradisional Lombok Barat Kebon Ayu.
  16. Kampung Nelayan; Pondok Perasi (Mataram), Senggigi (Lombok Barat).
  17. Lembar Lombok Barat - Terasi - IKM Putri Pesisir Mandiri.
  18. Lingsar, Lombok Barat - Gula Aren - LBS.
  19. Lombok Tengah - Rumah Adat - Desa Adat.
  20. Lombok Tengah - Kuliner Khas Daerah - Nasi Puyung Inak Esun
Topik Menarik