Gempa Buleleng M 4,4 Hari ini Kejutkan Warga Pulau Dewata

Gempa Buleleng M 4,4 Hari ini Kejutkan Warga Pulau Dewata

Nasional | BuddyKu | Rabu, 24 Mei 2023 - 09:38
share

JAKARTA, iNewsBlitar Gempa Buleleng Provinsi Bali berkekuatan magnitudo 4,4 (M4,4) yang terjadi hari ini, dirasakan hampir seluruh warga pulau dewata.

Gempa hari ini pada 24 Mei 2023 itu berlangsung pukul 00.41 WIB. Gempa dipicu oleh aktifitas patahan aktif di daratan Buleleng.

Getaran gempa yang mengguncang warga di Denpasar, Karangasem, hingga Bangil itu terjadi di kedalaman 10 Km.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan gempa dirasakan hampir di seluruh Pulau Bali dipicu aktivitas patahan aktif mekanisme geser di daratan Buleleng.

Daryono memastikan gempa bukan dipicu oleh sumber gempa sesar naik atau Back Arc Thrusting.

Gempa Buleleng Mag. 4,4 yang sempat menggetarkan hampir seluruh Pulau Bali dipicu oleh aktivitas patahan aktif mekanisme geser di daratan (Buleleng), dan bukan dipicu oleh sumber gempa sesar naik Back Arc Thrusting, kata Daryono dalam keterangan resminya.

Sebelumnya, BMKG mencatat guncangan gempa dirasakan hingga seluruh kawasan Bali. Pusat gempa berada di darat 20 km Tenggara Buleleng, dalam keterangan BMKG.

Pusat gempa berada di lokasi 8.15 LS, 115.27 BT. Gempa dirasakan di sejumlah Kabupaten-Kota lainnya diantaranya Denpasar, Karangasem, hingga Bangil. Gempa terjadi di kedalaman 10 Km.

Pusat gempa berada di darat 20 km Tenggara Buleleng, kedalaman 10 Km Dirasakan (MMI) II Denpasar, III - IV Karangasem, IV Buleleng, III Bangli, tandasnya.

Topik Menarik