Jamin Pelayanan saat Lebaran, Dikes Loteng Siapkan Tim di Puskesmas dan RS

Jamin Pelayanan saat Lebaran, Dikes Loteng Siapkan Tim di Puskesmas dan RS

Nasional | BuddyKu | Selasa, 18 April 2023 - 15:01
share

PRAYA -Dinas Kesehatan (Dikes) Loteng memastikan pelayanan kesehatan di 26 puskesmas tetap buka dan berjalan maksimal selama libur lebaran. Terutama pelayanan di Unit Gawat Darurat (UGD) dan rawat inap tidak boleh ada kekosongan tenaga kesehatan (nakes).

Kita tetap siapkan nakes ini ada, karena UGD dan rawat inap tidak boleh kosong. Sementara untuk poli-poli kesehatan lainnya menyesuaikan jadwal piket nakes dan rawat jalan libur dulu, ucap Kepala Dikes Loteng Suardi, Senin (17/4).

Dikes memastikan, tenaga kesehatan yang dipastikan ada, mulai dari perawat, bidan, dan dokter. Dengan jam operasional seperti biasa, namun khusus ketika salat Id tutup sementara dan dibuka kembali setelah usai salat.

Guna memastikan pelayanan ini, pihaknya juga telah menyiapkan tim atau petugas pemantau kesiapsiagaan petugas di setiap puskesmas. Serta meminta daftar piket nakes di setiap puskesmas.

Hanya memastikan apakah yang bersangkutan atau bertugas hadir ada di tempat tugasnya, tandas Suardi.

Senada, Direktur Utama RSUD Praya dr Mamang Bagiansah mengatakan, pelayanan rawat jalan seperti poli-poli sementara ini ditiadakan selama libur lebaran. Pelayanan kesehatan hanya untuk IGD, pelayanan operasi dan rawat inap.

Dulu yang poli-poli kita buka selang sehari, namun kurang efektif. Sehingga kami tiadakan selama libur lebaran, lagi pula pelayanan poli ini biasanya pasien rujukan dari puskesmas dan layanan itu (rawat jalan) diliburkan juga kan, ucap Mamang.

Mengingat pelayanan rawat jalan ini ditutup selama libur lebaran, lanjutnya, kepada pasien kronis yang biasa ada rutin ambil obat pada pelayanan poli akan diberikan dosis obat sesuai jumlah perhitungan selama libur.

Jadi selama libur, pasien rawat jalan ini kita berikan obat lebih agar tidak kehabisan obat saat libur lebaran, katanya.

Begitu pun pelayanan kesehatan ketika salat Idul Fitri, Mamang yakini tetap berjalan. Karena nantinya akan ada jadwal piket bagi nakes. Nakes yang muslim dapat salat lebih dahulu dan digantikan dengan nakes non muslim.

Untuk nakes kita standby 24 jam, untuk visitasi dokter selang sehari tergantung kecukupan penyakit dalam. Pelayanan emergency tetapnada hanya rawat jalan yang tidak selama libur lebaran, pungkas Nanang. (ewi/r5)

Topik Menarik