Simak 5 Tips Ini Sebelum Kamu Makan di Restoran Jepang!

Simak 5 Tips Ini Sebelum Kamu Makan di Restoran Jepang!

Travel | BuddyKu | Rabu, 19 April 2023 - 11:30
share

Apabila kamu berencana untuk pergi berlibur ke Jepang, tahukah kamu bahwa Jepang merupakan salah satu negara yang sangat terkenal akan makanannya, terbukti dari kota Tokyo sendiri merupakan kota dengan restoran yang paling banyak mendapatkan Michelin stars di dunia.

Tidak semua restoran/tempat makan disana bisa langsung berkunjung dan langsung beli makan disana, beberapa memerlukan reservasi dan ada juga restoran yang tidak menyediakan menu dalam bahasa inggris. Jadi sebelum berkunjung kesana, pastikan simak 5 tips ini supaya kamu akan berasa seperti menjadi orang lokal di Jepang sana.

Buat Reservasi terlebih dahulu ketika makan di Jepang
Buat Reservasi terlebih dahulu

Buatlah janji reservasi terlebih dahulu.

Banyak restoran di Jepang terutama yang sangat laris, terkadang beberapa restoran sulit bagi kalian untuk langsung datang dan mendapatkan tempat. Alangkah baiknya kalian survei terlebih dahulu restoran yang ingin kalian kunjungi. Untuk reservasinya sendiri, kalian dapat menelpon terlebih dahulu (beberapa ada yang bisa menggunakan bahasa inggris) atau lebih enaknya, kalian bisa berkunjung terlebih dahulu ke website nya dan melakukan reservasi dari sana.

Tips lainnya apabila kalian ingin mem book ing restoran, kalian juga dapat meminta bantuan kepada hotel tempat kalian menginap untuk membuat booking ke restoran yang ingin anda tuju. Kata-kata seperti "Yoyaku o Shitai" yang berarti meminta untuk membuat janji dapat kalian gunakan.

Beritahu staff apabila kamu memiliki alergi terhadap makanan tertentu
Beritahu staff apabila kamu memiliki alergi terhadap makanan tertentu

Permintaan menu untuk perihal diet dan alergi.

Apabila kalian memiliki alergi atau pola diet tertentu, ada baiknya kalian mempersiapkan sebuah tulisan dalam bahasa Inggris ataupun Jepang sebelumnya dan menunjukan tulisan tersebut ketika sedang berada di restoran. Tidak semua restoran disana akan dapat memenuhi permintaan kalian, namun ada baiknya kalian mempersiapkan hal tersebut terlebih dahulu atau kalian dapat melakukan research terlebih dahulu sebelum mengunjungi restoran tersebut.

Tips Makan di Jepang
Tips Makan di Jepang

Minta menu yang direkomendasikan.

Ketika kamu sudah mendapatkan menu di restoran, namun kamu bingung menu mana yang akan kamu pilih apalagi ada beberapa restoran yang tidak menyediakan " english menu " atau menampilkan shokuhin sampuru ( sampel makanan tiruan yang biasanya terdapat diluar restoran) , kamu sebaiknya dapat menggunakan kata-kata ini untuk menanyakan Osusume wa nan desu ka? (/) yang berarti "Apa yang menjadi rekomendasinya?" atau apabila restoran tersebut memiliki akun Instagram, kalian dapat melihat makanan-makanan yang terdapat di akun IG milik mereka (ataupun tag dari orang-orang).

Tata Krama Makan di Jepang
Tata Krama Makan di Jepang

Basic Manners / Tata Krama

Jangan lupa bahwa kalian sedang berada di negeri orang, tidak lupa untuk mengetahui dan melakukan manners atau tata krama menggunakan budaya sana. Hal paling basic yang dapat kalian lakukan adalah dengan menggunakan kata " sumimasen! " yang berarti "Permisi!" untuk memanggil karyawan di restoran tersebut atau meminta bill/melakukan pembayaran. Adapula disana yang biasanya untuk bill/bon ditaruh di meja tempat kalian makan, dan tinggal kamu bawa ke kasir untuk melakukan pembayaran.

Hal lainnya adalah seperti: jangan letakan sumpit diatas mangkuk atau piring saat tidak digunakan, tempatkan sumpit di tempat yang disediakan, karena dengan memasukan sumpit dan didiamkan di dalam semangkuk nasi, hal tersebut mengingatkan orang Jepang kepada pemakaman, di mana semangkuk nasi dibiarkan dengan dua sumpit yang berdiri tegak, yang dinamakan tsukitate-bashi.

Dan ketika kamu makan ramen ataupun sup dengan mengeluarkan suara sruput pun, di sana adalah hal yang wajar. Kalian dapat memberikan apresiasi kepada pelayan atau koki disana bahwa makanan nya lezat apabila memungkinkan.

Pembayaran menggunakan uang cash di Jepang masih umum
Pembayaran menggunakan uang cash di Jepang masih umum

Menyelesaikan Tagihan / Pembayaran

Ketika kamu selesai makan, tentunya berakhir dengan melakukan pembayaran, pertanyaannya adalah bagaimana cara membayar di restoran Jepang? Seperti yang disebutkan sebelumnya, kalian biasanya diberikan bon di meja kalian dan tinggal membawanya ke kasir, atau ada juga kalian harus meminta kepada staff disana dan dapat menggunakan bahasa Jepang sebagai berikut " Okaikei, Kudasai " yang artinya minta bon pembayaran.

Hal yang perlu diingat, di Jepang penggunaan uang cash masih sangat umum jadi jangan khawatir apabila kamu hanya memiliki cash ketika membayar disana. Namun apabila menggunakan pembayaran cashless seperti kartu kredit dan lainnya biasanya juga bisa terutama di tempat-tempat yang banyak turis nya.

Dan satu lagi, jangan memberikan tip saat makan di restoran. Jepang dikenal dengan negara yang tidak menerima tip apabila kamu meninggalkan tip di meja kamu akan disangka ketinggalan uang.

Topik Menarik