Kisah Keberhasilan Timnas U-22 Indonesia Di SEA Games 2023

Kisah Keberhasilan Timnas U-22 Indonesia Di SEA Games 2023

Olahraga | BuddyKu | Rabu, 17 Mei 2023 - 14:03
share

Setelah 32 tahun tanpa emas di cabang olahraga (cabor) sepak bola di SEA Games, akhirnya Tim Nasional (Timnas) U-22 Indonesia berhasil memecah kutukan tersebut dan memperoleh medali emas di olahraga bal balan ini pada SEA Games 2023 di Phnom Penh, Kamboja.

Peristiwa ini terjadi pada Selasa (17/5/2023) malam. Diwarnai dengan banyak drama, konflik dan tensi tinggi, Timnas Garuda berhasil membekuk lawan mereka Thailand dengan skor 5-2 melalui babak perpanjangan waktu setelah sebelumnya bermain imbang 2-2 di waktu normal.

Berikut kisah keberhasilan Timnas U-22 di SEA Games 2023 yang melibatkan sejumlah aktor penting di lapangan hijau.

Timnas Indonesia Rengkuh Emas

Mulus Sampai Final

Kisah ini tentunya berawal dari fase grup, di mana Indonesia masuk ke dalam grup A bersama dengan tuan rumah Kamboja, Myanmar, Timor Leste dan Filipina. Di grup tersebut, tidak ada hambatan berarti yang ditemukan oleh para punggawa.

Diprediksi tidak akan tampil impresif meskipun membawa skuad dengan nama yang sudah naik daun seperti Pratama Arhan, Rizki Ridho, Alfeandra Dewangga, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman dan Ramadhan Sananta, nyatanya Timnas U-22 mampu tampil apik, mencetak 13 gol dan hanya sekali kebobolan.

Ramadhan Sananta dan Fajar Fathur Rahman menjadi andalan di lini depan, masing-masing mencetak 3 gol. Rizki Ridho mampu memimpin lini belakang dengan baik, dibantu dengan Ernando Ari di bawah mistar. Dan Marselino Ferdinan serta Witan Sulaeman bekerja sebagai motor serangan Timnas U-22.

Hasilnya, mereka berhasil menaklukkan Filipina di laga pembuka dengan skor 3-0, membantai Myanmar 5-0, menghempaskan Timor Leste 3-0 dan membungkam tuan rumah Kamboja dengan skor tipis 2-1.

Indonesia pun berhasil jadi pemuncak klasemen grup A disusul oleh Myanmar. Di semifinal, mereka sudah ditunggu Timnas Vietnam yang menjadi runner-up grup B di bawah Thailand. Lagi-lagi rasa skeptis menyelimuti penggemar karena hasil buruk yang didapatkan Timnas Garuda dalam beberapa pertemuan terakhir melawan Timnas Tentara Merah.

Tetapi, di sini para punggawa Indonesia mampu menjungkalkan ekspektasi orang-orang. Mereka mampu mengalahkan Vietnam dengan skor 3-2. Diwarnai kartu merah bek kiri andalan Pratama Arhan dan perpanjangan waktu 7 menit, Timnas U-22 berhasil lolos ke final dengan skor 3-2 berkat gol Muhammad Taufany di perpanjangan waktu.

Bantai Thailand dengan Dramatis

Alhamdulillah. Puji Tuhan. Astungkara. ????????

Penantian panjang selama 32 tahun, Garuda Nusantara sukses membawa pulang medali emas SEA Games 2023. ????

Selamat, Garuda Nusantara! ????#KitaGaruda #TimnasDay pic.twitter.com/I4DrXTg8h9

PSSI (@PSSI) May 16, 2023

Di final, Indonesia sudah dinanti Thailand yang punya rekor sangat baik melawan Indonesia, mencatat 16 kemenangan dan 2 imbang. Beban berat menanti para pemain Timnas U-22.

Di luar dugaan, Timnas Indonesia justru unggul 2-0 di babak pertama melalui dwigol Ramadhan Sananta. Ini membawa Timnas Garuda seakan di atas angin. Sayangnya, petaka justru datang di 30 menit akhir pertandingan.

Thailand memperkecil keunggulan menjadi 2-1 lewat gol Anan Yodsangwal di menit ke-65. Dan memasuki menit akhir, berawal dari insiden peluit lemparan ke dalam yang disalahpahami oleh para pemain Indonesia, Thailand akhirnya menyamakan kedudukan lewat tendangan Yotsakorn Burapha 5 menit setelah waktu normal habis.

Insiden ini menyebabkan punggawa Garuda tidak fokus dan harus merelakan kedudukan yang sama. Kejadian ini juga sempat memancing keributan antara Thailand dan Indonesia, yang bahkan diikuti oleh para staf dan ofisial.

Di babak tambahan waktu, Indonesia melesat di menit-menit awal lewat gol Irfan Jauhari. Ini juga sempat menyebabkan insiden antara kedua negara. Manajer Timnas U-22, Kombes Sumardji bahkan dipukul dan ditarik sampai terjatuh oleh staf Thailand.

Wasit harus mengeluarkan 5 kartu merah untuk kiper Thailand Soponwit Rakyart, bek Indonesia Komang Teguh, 1 untuk staf Indonesia dan 2 lagi untuk staf Thailand. Pasca insiden ini, Timnas U-22 semakin berada di atas angin.

Mereka berhasil menambah gol lewat Fajar Fatur Rahman di menit 107 dan Beckham Putra di menit 120. Sementara Thailand justru kehilangan 2 pemain lain karena kartu merah. Pemain yang dimaksud adalah Jonathan Khemdee dan Teerasak Poeiphimai.

Melalui drama dan insiden panas antara keduanya, akhirnya Timnas Indonesia menutup pagelaran SEA Games 2023 dengan medali emas di sepak bola, emas pertama sejak 1991.

Topik Menarik