2,5 Hektar Lahan Hutan Terbakar di Humbahas

2,5 Hektar Lahan Hutan Terbakar di Humbahas

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 15 Mei 2023 - 19:45
share

HUMBAHAS , iNews.id - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di Desa Sinambela, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara (Sumut), Minggu (14/5/2023). Api terus berkobar sehingga meluas Desa Dimangulampe.

Sumber api berasal dari Dusun Simanulang, Desa Sinambela hingga meluas ke Desa Simangulampe mencapai 2,5 hektare. Karhutla belum bisa dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran karena ketinggian hutan dan lahan mencapai 17 meter di Baktiraja, Kabupaten Humbahas.

Petugas pemadam tidak ada yang berani naik ke atas untuk memadam kobaran api tersebut. Luas hutan dan lahan diperkirakan sudah 2,5 hektare yang musnah dilalap api selama satu hari dilahan gabut ini.

Personel Polres Humbahas dengan pemerintah kecamatan terus menjaga kawasan karhutla agar tidak terjadi kobaran api yang begitu luas mulai jam 16.00 sampai subuh dini hari.

Camat Baktiraja, Sanggam Lumban Gaol mengatakan saat ini kobaran api sudah pindah lokasi dari Dusun Simanulang, Desa Sinambela ke Desa Simangulampe. Kepolisian belum bisa mengetahui penyebab terjadinya karhutla.

Ada sekitar 2,5 hektare yang terbakar, ucap Sanggam, Minggu malam (14/5/2023).

Beberapa polisi pun tertidur di aspal jalanan dan terus menjaga lokasi karhutla di kecamatan Baktiraja.

Topik Menarik