PTPN XII Kalitelepak Siapkan 910.000 Ton Tebu untuk Mendukung Swasembada Gula Nasional

PTPN XII Kalitelepak Siapkan 910.000 Ton Tebu untuk Mendukung Swasembada Gula Nasional

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 13 Mei 2023 - 03:06
share

BANYUWANGI, iNewsJember.id- PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII meyiapkan 910.000 ton tebu untuk mendukung swasembada gula nasional dengan Lahan tebu yang siap panen seluas 11.250 hektar. Hal itu disampaikan SEVP Operation PTPN XII, Yualianto saat menggelar acara panen tebu perdana tahun 2023 di kebun Kalitelepak, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (12/5).

Sebagai holding perkebunan yang diberikan amanah untuk mewujudkan dan mensukseskan program pemerintah swasembada gula nasional. PTPN XII melalui kebun Kalitelepak, pada musim Tebang Muat Angkut (TMA) 2023, telah menyiapkan bahan baku yang berkualitas dengan mutu yang Manis, Bersih dan Segar (MBS).

Dari tahun sebelumnya ada peningkatan. Ini merupakan tekad kami untuk mendukung program pemerintah untuk swasembada gula nasional, Kata Yualianto.

Kontribusi PTPN XII, lanjut Yualianto, dalam mendukung program pemerintah mewujudkan swasembada gula, pihaknya meyiapkan bahan baku tebu (BBT) yang terus meningkat. Pada tahun 2023, lahan yang siap panen diprediksi menghasilkan bahan baku sebanyak 910.000 ton.

Ada peningkatan dari tahun sebelumnya yang hanya memanen sekitar 8000 hektar. Pada tahun 2030 nanti kita targetkan menyapai 17.000 hektar, jelasnya.

Sementara itu, Manajer Kebun Kalitelepak, Hastudy Yunarko, menjelaskan TMA 2023 pihaknya telah menyiapkan segala sesuatu untuk mensukseskan musim panen tebu tahun ini. Dengan komitmen menyiapkan bahan baku MBS, hasil panen tebu 100 persen akan disuplai ke Pabrik Gula Glenmore.

Kita telah melakukan pendataan dan perhimpunan untuk mempersiapkan TMA 2023. Semoga semua berjalan lancar dan sukses, jelas Koko, sapaan akrab Manajer Kebun Kalitelepak.

PTPN XII Kebun Kalitelepak, lanjut dia, juga berkomitmen mendukung cita-cita untuk mewujudkan program pemerintah swasembada gula, dengan menyiapkan bahan baku berkualitas dan sarana prasarana untuk mensukseskan TMA 2023.

Kita sudah selesaikan semuanya, dan semua sudah siap support untuk mensukseskan TMA 2023, tuturnya.

Ditempat yang sama, General Manajer Pabrik Gula Glenmore, Ir. H. Yus Martin, menghadapi TMA 2023 Pabrik Gula Glenmore, juga telah menyiapkan segala sarana dan prasarana untuk mensukseskan musim giling 2023.

Kita sudah siap untuk memproduksi gula. Progresnya telah mencapai 100 persen, tukasnya.

Topik Menarik