8 Tempat Wisata di Makassar: Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

8 Tempat Wisata di Makassar: Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Travel | BuddyKu | Selasa, 2 Mei 2023 - 16:10
share
Rate this post

Tempat wisata di Makassar Halo BTG Traveler, yuk kita ke makassar, beberapa rekomendasi yang udah kami rangkum ini bisa jadi referensi buat kamu yang hendak berlibur, atau berkunjung ke Makassar loh. Buat kamu yang masih binggung, Makassar adalah nama kota yang ada di pulau Sulawesi bagian selatan.

Fakta unik nih, dulu pada tanggal 31 Agustus 1971, Makassar pernah bernama Ujung Pandang, loh . Tapi pada tanggal 13 Oktober 1999, namanya kembali menjadi Makassar lagi seperti yang telah kita kenal sekarang. Walaupun termasuk perkotaan, Makassar ini menyimpan banyak pesona wisata yang indah. Dari yang wisata populer sampai yang belum dikenal tapi memang bagus.

7 Tempat Wisata di Makassar

Penasaran apa saja tempat wisatanya? Berikut adalah 7 Daftar Tempat Wisata di Makassar yang Indah, Hits, & Wajib kamu kunjungi:

Pantai Losari

pantai-losari-makassar
Sumber: Instagram @its.fretless (2021)

Dikenal sebagai pantai dengan Sunset yang indah, pantai yang berada di pusat kota Makassar dan berjarak sekitar 22 Km atau 34 menit dari Bandara Sultan Hasanuddin ini juga terkenal dengan kuliner yang wajib untuk dicoba, Pantai Losari masuk dalam urutan pertama dari tempat wisata di Makassar yang wajib buat di kunjungi.

Biasanya, wisatawan mengunjungi Pantai Losari saat sore hari. Karena, selain bisa melihat matahari terbenam wisatawan juga bisa menikmati makanan seafood yang hanya buka pada malam hari disini.

Walaupun yang banyak adalah makanan laut, bukan berarti di Pantai Losari tidak ada menu lain. Cobain deh makanan terkenal di Pantai Losari ini, bernama Pisang Epe.

Pisang Epe ini adalah pisang yang dibakar dan diberi air gula merah. Pantai Losari ini merupakan pantai yang dibuka untuk umum, jadi tidak ada bayar tiket masuk alias gratis loh .

Ekowisata Mangrove Lantebung

Ekowisata Mangrove Lantebung
Ekowisata Mangrove Lantebung by Andi Abdi

Menjadi spot wisata yang instagrammable, Konservasi Hutan Mangrove yang berlokasi di Jl. Lantebung, Kelurahan Bira, Kota Makassar, Sulawesi Selatan , menjadi Ekowisata Mangrove yang masuk ke daftar Wisata yang harus kamu kunjungi.

Suasana lingkungannya yang sangat segar dan jauh dari polusi cocok banget buat kamu yang mau berkunjung ke tempat wisata alam di Makassar. Saat kamu mulai menelusuri wisatanya, kamu pasti akan bertemu jalan diatas jembatan warna-warni.

Nah, jembatan warna-warni itu biasa orang menyebutnya sebagai dermaga pelangi. Jika kamu mengunjungi tempat ini saat sore hari, panorama matahari terbenam dari Ekowisata Mangrove Lantebug juga sangat indah untuk dipandang.

Kamu juga bisa berfoto di spot foto yang tersedia disana, loh. Untuk harga tiket masuk ekowisata mangrove lantebung hanya Rp. 2.000/ orang.

Pulau Samalona

Wisata di Makassar Pulau Samalona
Pulau Samalona by ISLM NSR

Pulau Samalona adalah nama pulau kecil yang ada di Kota Makassar. Buat kamu yang mau ke pulau ini, kamu harus naik perahu lagi dari dermaga kecil dekat untuk kesini. Kebetulan dermaganya dekat sekali dengan pantai Losari, makanya banyak orang bilang kamu bisa mengunjungi pulau Samalona dari pantai Losari.

Kamu bisa pergi ke Pulau Samalona di 3 dermaga ini, yaitu: Dermaga Samalona , Dermaga Popsa , dan Dermaga Panyyua .

Ketiga dermaga tersebut bisa kamu tempuh dari pantai Losari sekitar 5 menit perjalanan menggunakan mobil. Nanti disana kamu akan menemukan jasa sewa perahu, dengan harga sewa yang bervariatif.

Rata-rata harga sewa sekitar 300.000 500.000 rupiah per-perahu. Ada juga yang bersifat umum, jadi kamu bergabung sama wisatawan lain dengan jam pergi dan kembali yang telah ditentukan sebelumnya.

Dan pastinya harga sewa perahu bakal lebih murah. Pantai Samalona ini merupakan pulau yang dibuka untuk umum, sehingga tidak ada biaya tiket masuk.

Seperti layaknya pulau kebanyakan, di Pulau Samalona kamu bisa melakukan aktivitas snorkeling dan diving loh .

gambar hotel

Nikmati Suasana Makassar di The Rinra Makassar

Mulai dari IDR 979.974 /malam di Booking To Go

Book Now

Fort Rotterdam

benteng-fort-rotterdam-makassar
Sumber: Instagram @dudikpras (2021)

Fort Rotterdam merupakan wisata bersejarah yang merupakan sebuah benteng peninggalan kerajaan Gowa-Tallo. Wisata ini biasa disebut sebagai benteng Ujung Pandang, karena dulu Makassar pernah bernama Ujung Pandang.

Buat kamu yang mau ke benteng ini, tidak perlu bingung karena lokasi Fort Rotterdam dekat dengan dermaga untuk pergi ke pulau Samalona. Saat kamu mengunjungi Fort Rotterdam ini, kamu akan menemukan barang bersejarah beserta penjelasannya juga di area museumnya, jadi lumayan kan untuk menambah ilmu pengetahuan tentang kota Makassar.

Oh ya, jika masuk ke Fort Rotterdam ini tidak ada bayar tiket masuk ya. Kecuali jika kamu ingin masuk ke museumnya, harganya adalah 5.000 rupiah / orang.

PTB Maros

wisata-kuliner-ptb-maros
Sumber: Instagram @info_kejadian_maros (2020)

PTB Maros adalah tempat wisata kuliner di Kota Makassar. PTB ini adalah singkatan dari Pantai Tak Berombak, dan Maros adalah nama dari kabupaten di Sulawesi Selatan. Jadi, sebenarnya PTB Maros ini tidak masuk dalam kota Makassar. Tetapi, wisata kuliner ini sangat melekat di kota Makassar.

Tempatnya tidak jauh juga kok , berada di Jl. Crisant No.3 /C, Sulawesi Selatan , kamu bisa mendatangi tempat ini sekitar 40 menit perjalanan dengan kendaraan dari kota Makassar.

Disini menjual banyak makanan yang enak loh , biasanya pada sore dan malam hari PTB Maros ini sangat ramai pengunjung. Banyak anak muda nongkrong di tempat ini, karena fasilitasnya juga memadai. Bahkan ada internet gratis untuk para wisatawan yang berkunjung, jadi tidak mengherankan kenapa banyak anak muda yang datang kesini. Karena ini merupakan tempat umum, PTB Maros tidak perlu membayar biaya tiket masuk alias Gratis ya BTG Traveler.

Pantai Akkarena

pantai-akkarena-makassar
Sumber: Instagram @pantaiakkarena (2019), (cropped)

Pantai Akkarena adalah nama pantai pasir hitam di Kota Makassar dimana kamu bisa melakukan aktivitas watersport dan makan kuliner enak yang tersedia di sekitar pantai. Pantai yang berada di Jalan Tanjung Bunga, Kota Makassar ini ada wahana permainan anaknya juga loh . Arus ombak pantai Akkarena juga tidak besar, jadi cocok untuk anak-anak bermain.

Untuk tiket masuk Pantai Akkarena bervariatif, kalau weekend harganya 15.000 rupiah / orang, kalau weekdays harganya 10.000 rupiah / orang.

Untuk parkir, kendaraan roda dua dipatok 5.000 rupiah / kendaraan, dan roda empat 10.000 rupiah / kendaraan.

gambar hotel

Chill dan Santai di Mercure Makassar Nexa Pettarani

Mulai dari IDR 523.780 /malam di Booking To Go

Book Now

Trans Studio Makassar

trans-studio-makassar
Sumber: Instagram @dickykrisna (2018)

Buat kamu yang suka bermain di taman hiburan, maka Trans Studio Makassar ini bisa menjadi pilihan wisata kamu. Oh ya, Trans Studio Makassar ini merupakan taman hiburan indoor . Jadi kamu tidak perlu khawatir buat kehujanan saat bermain wahana seru disini.

Taukah kamu? Trans Studio Makassar ini merupakan salah satu wahana indoor terbesar yang ada di Indonesia, loh . Ada komidi putar, ontang anting, boom-boom car, dan masih banyak lagi. Kira-kira ada puluhan wahana yang bisa kamu cobain disini.

Kalau untuk harga tiket masuk Trans Studio Makassar: 150.000 rupiah / orang (weekday), dan 200.000 rupiah / orang (weekend).

Pegunungan Karst Rammang Rammang

Kampoeng Karst Rammang Rammang
Kampoeng Karst Rammang Rammang by Abdur Rofik

Karst Rammang Rammang merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terletak di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan . Nama Karst sendiri berarti kawasan pegunungan yang terdiri dari batu kapur yang terbentuk secara alami. Selain itu di dalam gua-gua ini terdapat stalaktit dan stalakmit yang sangat indah dan mempesona.

Di kawasan ini, terdapat juga sungai yang mengalir di sepanjang karst bernama sungai Puteh. Sungai ini sangat jernih dan bersih dimana Wisatawan dapat menikmati keindahan sungai dengan naik perahu bambu tradisional yang disebut kajang .

Selain itu Wisatawan dapat menjelajahi keindahan karst dengan berjalan kaki atau trekking melalui jalur-jalur yang sudah disediakan, melakukan olahraga air seperti berenang, dan menyelam

Untuk biaya tiket masuk ke wisata ini biayanya sekitar Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000/ orang. Dan untuk sewa perahu untuk melewati sungai puteh yang ada di kampung ini cukup bervariasi antara Rp. 200.000 Rp. 350.000 per perahu

Itulah 8 tempat wisata di Makassar yang bisa minboo rekomendasiin buat kamu yang mau ke kota ini.

Pesan Tiket Pesawat dan Hotel untuk Akomodasi Wisata ke Makassar di BookingToGo!

Kamu udah tentuin mau kemana belum? kalau udah, yuk rencanakan liburanmu ke Makassar bareng BookingToG. Jika kamu butuh tiket pesawat atau hotel untuk menginap di Makassar, kamu bisa cek sekarang disini yaa..

Promo tiket lebaran

Topik Menarik