Makanan yang Berbahaya Dikonsumsi saat Lebaran, Anda Harus Tahu

Makanan yang Berbahaya Dikonsumsi saat Lebaran, Anda Harus Tahu

Nasional | BuddyKu | Minggu, 23 April 2023 - 11:44
share

KEDIRI, iNewsKediri - Hari Raya Idul Fitri memang identik dengan makan besar yang terdiri dari makanan-makanan kaya akan kolesterol. Oleh karena itu, mereka yang memiliki kolesterol tinggi memang harus pintar-pintar memilih, makanan apa saja bisa dikonsumsi.

Apabila makanan tidak dikontrol, jangan kaget Anda kena efek sampingnya. Lantas apa makanan pantangan bagi penderita kolesterol tinggi? berikut ulasannya dirangkum dari berbagai sumber.

Daging olahan

Tak jarang saat Idul Fitri juga ada yang menyajikan daging olahan, seperti menambahkan daging sosis dan semacamnya. Makanan ini berkolesterol tinggi yang harus dibatasi, bahkan pantangan bagi penderita kolesterol tinggi.

Asupan tinggi dari makanan ini bisa meningkatan penyakit jantung dan kanker tertentu, seperti kanker usus besar. Bahkan ada tinjauan yang melibatkan lebih dari 614.000 peserta, mengaitkan setiap tambahan 2 ons (50 gram) porsi daging olahan per hari dengan risiko penyakit jantung 42% lebih tinggi.

Gorengan

Makanan satu ini disukai banyak orang, karena renyah dan nikmat. Perlu diketahui, makanan digoreng memiliki kandungan lemak trans, dapat mengubah makanan sehat menjadi makanan peningkat kolesterol.

Lemak jahat (LDL) dihasilkan dari penambahan hidrogen ke minyak nabati, yang kemudian digunakan dalam banyak makanan panggang komersial atau makanan digoreng seperti kue kering, kue, kentang goreng, onion ring, dan kerupuk, ini makan buruk bagi kadar kolesterol.

Topik Menarik