Tecno Spark 10 Pro: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Tecno Spark 10 Pro: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Teknologi | BuddyKu | Senin, 3 April 2023 - 17:16
share

Tecno kembali memanaskan pasar smartphone entry-level di Indonesia dengan peluncuran Tecno Spark 10 series. Ya, pabrikan tersebut resmi merilis Tecno Spark 10 dan Spark 10 Pro. Nah, dalam kesempatan ini, kami akan memberikan review Tecno Spark 10 Pro yang hadir dengan tagline #MemoryRaksasaKameraGlowing.

Smartphone ini diklaim menawarkan penyimpanan dan kamera yang mumpuni di kelas harganya. Dengan kamera utama 50 MP dan kamera depan 32 MP Glowing Selfie serta fitur-fitur menarik lainnya, rasanya cukup sulit menemukan kompetitornya di harga kurang dari 2.5 jutaan.

Meski demikian, smartphone ini pastinya juga memmpunyai hal-hal yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu, tanpa tunggu lama-lama, kita akan mengupas tuntas kelebihan dan kekurangan Tecno Spark 10 Pro.

Spesifikasi Tecno Spark 10 Pro

Umum
Brand Tecno
Tahun Rilis April 2023
Layar
Panel IPS LCD
Ukuran 6.8 inci
Resolusi 1080 x 2460 px
Refresh Rate 90Hz
Perlindungan -
Desain
Dimensi 168.4 x 76.2 x 8.4 mm
Berat 208 g
Material Glass front, plastic frame, glass back
Pilihan Warna Starry Black, Pearl White
Hardware
Chipset Mediatek Helio G88
CPU Octa-core (2x2.0 GHz Cortex-A75 & 6x1.8 GHz Cortex-A55)
GPU Mali-G52 MC2
RAM 8GB
Memori Internal 128GB/256GB
Memori Eksternal microSDXC (dedicated slot)
Kamera Belakang
Resolusi 50 MP + other unspecified cameras
Fitur Dual-LED flash, HDR, panorama
Video 1080p@30fps
Kamera Depan
Resolusi 32 MP
Fitur Dual-LED flash
Video 1080p@30fps
Software
Sistem Operasi Android 13
Interface HIOS 12.6
Baterai
Kapasitas 5000 mAh
Charging Fast charging 18W
Jaringan
Slot Kartu SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
5G -
WIFI Ya
NFC Ya
Bluetooth Ya
USB USB Type-C 2.0, OTG
Lainnya
Fingerprint Fingerprint (side-mounted)
Gyro -

Harga Tecno Spark 10 Pro

Tecno Spark 10 Pro ini dibanderol dengan harga Rp 2.09.000 untuk versi 8/128 GB dan Rp 2.399.00 untuk versi 8/256 GB. Ada voucher 50.000 khusus 600 pembeli pertama di Shopee pada perioder 28 Maret hingga 25 April 2023.

Kelebihan Tecno Spark 10 Pro

1. Desain Elegan dan Minimalis

Desain menjadi kelebihan Tecno Spark 10 Pro. Mereka menyebut desainnya, Spark Your Style, yang menggunakan penutup belakang yang diberi nama Hard-wearing Strarry glass. Teknologi tersebut juga yang pertama pada Spark series.

Bagian belakang tidak mudah kotor karena bekas sidik jari dan terasa lembut saat kamu memegangnya. Sementara itu, ada dua opsi warna yang bisa dijadikan pilihan, yakni Starry Black dan Pearl White.

Secara keseluruhan, Tecno menyematkan Squared Body 2.0 yang flat bagi di depan maupun di belakang, begitu juga dengan frame-nya yang datar.

Smartphone ini berbobot 205 gram dengan ketebalan 8.45 mm. Memang bukan yang tergolong tipis dan ringan, namun masih cukup nyaman dalam genggaman.

2 . Layar 90 Hz

Selain desain, Spark 10 Pro ini juga dibekali dengan panel IPS 6.78 inci dengan resolusi Full HD+ (2460 x 1080 piksel). Pixel density-nya di angka 396 ppi yang tergolong tinggi di kelas harganya. Ya, sudah tergolong mantap untuk menikmati konten, baik streaming video hingga bermain game.

Tidak hanya itu saja, layarnya juga sudah mendukung refresh rate hingg 90 Hz. Artinya, kamu bisa mendapatkan pergerakan konten yang lembut. Ada opsi auto-switch refresh rate yang mana layar bisa otomatis menyesuaikan berdasarkan kebutuhan layar.

Kecerahan layar diklaim mencapai 580 Nits yang tergolong tinggi dan memungkinkan kamu bisa melihat layar dengan jelas meski berada di bawah terik sinar matahari. Sementara itu, Touch Sampling Rate mencapai 270 Hz.

Tampilan depan juga cukup bagus dengan bezel layar yang tipis. Tecno juga membenamkan bentuk kamera depan punch hole yang membuatnya lebih kekinian. Secara keseluruhan, layarnya sudah terbilang baik dan mantap di kelas harganya.

3 . Kamera Depan 32 MP

Kelebihan Tecno Spark 10 Pro adalah kamera depannya. Ya, ada kamera depan 32 MP dengan bukaan f/2.45 dan sudut tangkapan 80.6-derajat. Ini terbilang mantap sih. Jarang banget ada smartphone di kisaran harga 2 jutaan memberikan sensor kamera depan 32 inci. Kebanyakan mentok hanya di 8 MP.

Menariknya, Tecno juga membenamkan Dual Soft Flash Light yang bisa memberikan penerangan tambahan saat kamu foto selfie atau vlogging.

Perekaman video kamera depan juga mencapai 2k 30fps. Ini juga menjadi kelebihan, mengingat yang lainnya mentok hanya 1080p 30fps. Selain itu, ada opsi slow motion dengan kualitas 720p 120 fps.

Kualitas gambar kamera selfie cukup detail dengan ketajaman yang baik. Wajah bisa terekspos dengan jelas. Menariknya, ada fitur HDR yang jarang ditemukan di kelas harganya. Dengan fitur HDR tersebut, kualitas video menjadi lebih baik dengan warna yang lebih jelas dan terang.

Pada kondisi low-light, kamera selfie juga masih bisa diandalkan dengan pencahayaan yang cukup terang dan detail yang terjaga. Hebatnya, noise-nya juga terhitung lumayan bersih.

4 . Kamera Belakang Mantap

Selain kamera depan, kamera belakang juga menawarkan setup yang terbilang mantap. Kamera utama beresolusi 50 MP dengan Autofocus, bukaan f/1.6 dan sudut tangkapan 80.9-derajat. Kamera utama tersebut mempuyai slogan Spark your Beauty. Untuk menghadirkan penerangan tambahan, Tecno juga membenamkan dual flash.

Kualitas perekaman video juga mencapai 2k 30 fps dan slow-motion 720p 240 fps. Kamera utama tersebut juga didampingi kamera bonus untuk membantu efek bokeh.

Kualitas gambarnya juga terbilang cukup baik, meski sedikit oversharpening. Dynamic range-nya yang terbilang lumayan, apalagi jika fitur HDR-nya diaktifkan.

Pada pencahayaan yang minim, kualitas kamera utama juga lumayan. Gambarnya masih cukup terlihat dengan detail yang terjaga.

5 . Performa Mumpuni

Tecno Spark 10 Pro ditenagai dengan SoC MediaTek Helio G88 dengan fabrikasi 12 nm. Sudah terbilang mumpuni dan pas di kelas harganya. Chipset tersebut membawa CPU 8 inti dengan kecepatan hingga 2.0 GHz.

Yang menarik, ada dua opsi RAM LPDDR4X dan penyimpanan internal dengan tipe eMMC, yakni 8/128 GB dan 8/256 GB. Selain itu, Tecno juga menawarkan ekspansi RAM virtual hingga 8 GB. Tecno juga menyediakan slot microSD untuk penyimpanan tambahan hingga 2 TB. Ini keren sih!

Artinya, kapasitas RAM sudah sangat mumpuni untuk mendukung aktivitas harian, mulai dari yang ringan-ringan hingga berat. Kamu bisa melakukan kegiatan multi-tasking tanpa harus takut nge-lag.

Pada pengujian performa, smartphone ini mendapatkan skor 245818 melalui AnTuTu v9. Pada Geekbench 5, single-core mendapatkan 361 dan multi-core 1369.

Bagaimana dengan performa gaming-nya? PUBG Mobile dengan pengaturan balanced-Ultra mendapatkan frame-rate stabil di 40 fps. Mobile Legend dengan pengaturan High bisa mendapatkan frame rate mulus stabil di 60 fps. Sementara itu, Genshin Impact mendapatkan di kisaran 30 fps dengan sesekali frame-drop.

6 . Baterai 5000 mAH

Smartphone ini ditopang dengan baterai 5.000 mAH yang diklaim bisa bertahan seharian. Daya baterai bertahan hingga 16 jam-an untuk nonton video local playback. Streaming Youtube selama 30 menit berkurang 4% dan TikTok selama 30 menit berkurang 5%.

Sementara itu, Tecno juga menyematkan fitur pengisian daya 18 watt. 0-50% membutuhkan waktu 41 menit dan full membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam 45 menit. Memang bukan yang terkencang di kelas harganya, namun sudah cukup lumayan di kelas harganya.

7 . Ada NFC

Tecno tidak lupa memberikan fitur NFC yang sangat berguna di zaman modern ini. Ya, fitur ini memungkinkan kamu mengisi e-toll, cek saldo e-wallet dan lainnya dengan satu sentuhan saja.

Ini juga menjadi keunggulan Tecno Spark 10 Pro mengingat tidak banyak pesaingnya yang memberikan fitur ini di kelas harganya.

8 . Sudah Android 13

Tecno Spark 10 Pro sudah berjalan menggunakan system antarmuka Hi.OS versi 12.6.0 berbasis Android 13. Ini juga patut di apresiasi mengingat banyak smartphone keluaran sekarang yang masih menggunakan Android 12.

Selain itu, aplikasi bawaan yang terbilang minim. Ini juga menjadi poin plus yang memudahkan pengguna mamasang aplikasi sesuai kebutuhan.

Kekurangan Tecno Spark 10 Pro

1. Speaker Mono

Sayangnya, Tecno Spark 10 Pro hanya dibekali dengan satu speaker saja di bagian bawah. Memang kualitas suaranya terbilang lumayan di kelas harganya, tidak terlalu lantang, namun juga tidak terlalu pelan.

Speaker mono ini akan berasa kurang nyaman di telinga, saat kamu memposisikannya secara horizontal. Suaranya yang dikeluarkan kurang seimbang, tidak rata kanan-kiri karena cuma menggunakan satu speaker saja.

2. Update OS Belum Jelas

Kekurangan Tecno Spark 10 Pro adalah update OS-nya yang belum jelas. Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti berapa kami smartphone ini akan mendapatkan pembaruan OS, termasuk sistem keamanannya.

Ini harusnya menjadi perhatiaan untuk Tecno mengingat brand pesaingnya berani menjanjikan update OS 2 tahun, bahkan hingga 4 tahun.

3. Microphone kurang Jernih

Microphone juga menjadi kekurangan Tecno Spark 10 Pro. Suara yang dihasilkan saat pengambilan video terdengar masih kurang detail dan lantang. Ya, meski dimaklumi mengingat harganya yang juga terjangkau.

Namun dibandingkan dengan kompetitornya, banyak yang menawarkan kualitas mic yang lebih baik. Oleh karena itu, saat pengambilan video, kamu bisa menggunakan microphone eksternal untuk kualitas suara yang lebih baik.

4. Tidak Ada Video Stabilizer

Meski dibekali dengan setup kamera depan dan belakang yang ciamik, sayangnya tidak ada fitur video stabilizer. Pengambilan video saat berjalan atau bergerak masih sangat terasa goncangannya. Ya, ini masih bisa diminimalisir dengan menggunakan tripod kecil.

5. Tanpa Kamera Ultra-Wide

Ya, tidak ada kamera ultra-wide di Tecno Spark 10 Pro. Ini juga patut disayangkan. Banyak produsen, termasuk Tecno yang memangkas kamera ini untuk menekan harga. Padahal, kamera ini menjadi idola bagi sebagaian besar pengguna di Indonesia untuk foto bersama keluarga maupun teman-teman.

Harapannya, Tecno membenamkan jenis kamera ini, mengingat banyak smartphone yang dijual dengan harga 2 jutaan sudah dibekali dengan jenis kamera ultra-wide ini.

6. Storage Masih eMMC

Cukup disayangkan, Tecno Spark 10 Pro masih membawa tipe storage eMMC yang tergolong ketinggalan di tahun 2023 ini. Harapannya, Tecno memberikan tipe yang lebih update, setidaknya UFS 2.2 yang juga banyak dibenamkan pada smartphone di kelas harganya.

Tipe eMMC terbilang kurang maksimal dalam membaca data. Ini pastinya juga akan berpengaruh pada performa smartphone secara keseluruhan. Loading game atau aplikasi lainnya cenderung lebih lambat. Namun mengingat harganya, rasanya ini cukup wajar.

Topik Menarik