Kanker Payudara Bisa Berawal dari Penggunaan Bra yang Salah?

Kanker Payudara Bisa Berawal dari Penggunaan Bra yang Salah?

Gaya Hidup | BuddyKu | Minggu, 16 April 2023 - 13:18
share

KEDIRI, iNewsKediri - Salah satu cara mencegah kanker payudara adalah penggunaan bra yang tepat. Oleh karena itu, banyak yang menyarankan agar melepas bra ketika kita tidur.

Peneliti dan Ahli Herbal dari Kementerian Kesehatan Dr Jusuf Kristianto MM MHA MPH PhD penggunaan bra kawat dan busa bisa menyebabkan kanker payudara.

Pengalaman saya gini, jadi ada penelitian yang mengatakan \'no bra, no cancer\', tapi kita nggak mungkin no bra. Jadi tetap pakai bra tapi yang paling nyaman, jelas Dr Jusuf saat ditemui dalam sebuah acara, beberapa waktu lalu.

Dokter Jusuf menyarankan untuk tidak memakai bra kawat atau busa dalam aktivitas sehari-hari karena dapat berisiko menekan payudara dan mengganggu sirkulasi.

Kalau mau pakai busa atau kawat sesaat aja, kalau seharian ketekan terus sirkulasi darah akan berimpact. Pengalaman saya gini, sesuatu yang terjadi penekanan terus-menerus akan terjadi cancer, tuturnya.

Selain itu, untuk ukuran Cup-nya sendiri sebaiknya yang menutupi area payudara. Selain itu untuk bahan yang digunakan sebaiknya yang nyaman.

Terserah aja pilihan bahannya, kunci saya jangan menekan. Kalau ditekan berisiko (kanker). Dan kalau malam sebaiknya tetap pakai bra tapi kaitannya dilepas, imbuhnya.

Topik Menarik