Jelang Kualifikasi Olimpiade Paris 2024, Timnas Wanita Indonesia Kembali Lakukan Pemusatan Latihan

Jelang Kualifikasi Olimpiade Paris 2024, Timnas Wanita Indonesia Kembali Lakukan Pemusatan Latihan

Olahraga | BuddyKu | Minggu, 2 April 2023 - 13:40
share

FAJAR.CO.ID, JAKARTA Timnas wanita Indonesia menggelar sesi latihan perdana jelang Babak Pertama Kualifikasi Olimpiade Paris 2024 di stadion Madya, Jakarta pada Sabtu (1/4) malam. Diikuti oleh 26 pemain, sesi latihan dipimpin langsung oleh pelatih kepala Rudy Eka Priyambada.

Sesi latihan yang dijalani di lapangan merupakan lanjutan dari sesi kebugaran yang sudah dilakukan sebelumnya di hotel tim, dimana program ini merupakan program penyesuaian skuat Garuda Pertiwi selama menjalani ibadah puasa.

Hari ini tim sudah berkumpul dan tadi sore kami sudah melakukan sesi kebugaran sebelum akhirnya melakukan sesi latihan di lapangan pada malam hari. Waktu persiapan yang singkat harus dimanfaatkan, salah satunya menerapkan differential training methods yang sekaligus dilakukan untuk melihat kemampuan para pemain yang baru bergabung bersama timnas ujar pelatih kepala timnas wanita Rudy Eka Priyambada.

Rudy menambahkan program latihan yang diterapkan para pemain di latihan perdana utamanya membangun chemistry dan adaptasi, dimana dengan waktu yang singkat ini para pemain baik junior dan senior diharapkan bisa beradaptasi dengan cepat sebelum menghadapi laga di fase grup F nanti.

Salah satu pemain senior yang juga turut dipanggil ialah Ade Mustikiana. Ade mengaku bersyukur karena kembali mendapat kepercayaan untuk bisa mengikuti seleksi dan TC jelang babak pertama kualifikasi Olimpiade Paris 2024. Alhamdulillah bersyukur karena bisa dipanggil lagi, apalagi sempat beberapa kali pertandingan internasional timnas saya tidak dipanggil. Ada penyesuaian memang terhadap program latihan, tapi saya rasa ini porsi yang tepat bagi semua pemain yang juga menjalankan ibadah puasa ungkap Ade.

Selama menjalani masa persiapan, Timnas Wanita pun tidak akan berlatih di pagi hari seperti program latihan pada umumnya. Tim pelatih mengganti jadwal latihan pagi dengan beristirahat, menjalani sesi kebugaran di sore hari dan sesi lapangan di malam hari. Selain latihan, skuat Garuda Pertiwi pun dijadwalkan akan menjalani laga uji coba sebelum bertolak ke Lebanon pada pekan depan.

Seperti diketahui skuat Garuda Pertiwi berada satu grup dengan Taiwan dan Lebanon pada babak pertama Kualifikasi Olimpiade Paris 2024. Ketiga tim pun berada di grup F, dimana pertandingan akan digelar di Lebanon.

Jika lolos dan menempati juara grup pada babak pertama kualifikasi ini, Ade Mustikiana dan kawan-kawan akan melaju ke babak kedua kualifikasi, di mana lima tim peringkat tertinggi FIFA zona Asia sudah menanti di babak ini, yakni Korea Utara, Jepang, Australia, Tiongkok, dan Korea Selatan.

Kami fokus pertandingan demi pertandingan dulu di fase grup, lalu kami akan fokus ke babak selanjutnya. Yang pasti tim dalam keadaan fit dan semoga kondisi ini tetap terjaga sampai pertandingan nanti tutup Rudy Eka.

Topik Menarik