Ada Indikasi 25 Artis Lain Terlibat Pencucian Uang Rafael Alun

Ada Indikasi 25 Artis Lain Terlibat Pencucian Uang Rafael Alun

Berita Utama | BuddyKu | Minggu, 2 April 2023 - 12:15
share

AKURAT.CO, KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) masih menyelidiki dugaan tindakan pencucian uang (TPPU) yang dilakukan Rafael Alun Trisambodo mantan pejabat Ditjen Kementerian Keuangan.

Berdasarkan penyelidikan Indonesian Audit Watch (IAW) tidak hanya artis dengan inisial R saja yang terlibat tetapi juga ada 25 artis lainnya.

Seperti diketahui, Rafael kini resmi menjadi tersangka kasus gratifikasi.

"Kalau bicara yang terkonsolidasi, terakses atau terkorelasi itu langsung maupun tidak langsung minimal 25 (artis)," ujar perwakilan Indonesian Audit Watch Iskandar Sitorus.

Upaya penyelidikan terkait nama-nama artis tersebut masih dalam proses sehingga tidak bisa secara terburu-buru mengatakannya secara gamblang.

"Itu nanti, tapi kita berproses. Ini harus seperti teori makan bubur. Ini harus pakai metode smooth, yang penting KPK mampu menjadikan pijakan untuk menetapkan tersangka selanjutnya," ungkap Iskandar Sitorus.

KPK mengatakan, saat ini tengah mendalami informasi profil dari sosok artis yang dimaksud.

"Inisial R itu siapa? Ini sedang kami dalami. Apakah R itu huruf depannya atau itu ada di tengah atau ada di ujung. Itu yang sedang kita dalami. Yang jelas ada R-nya," kata Direktur Penyidikan KPK Asep Guntur di Jakarta.

Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri menyampaikan, KPK akan segera mendalami terlebih dahulu terkait laporan soal laporan salah satu lembaga swadaya masyarakat (LSM) terkait dugaan keterlibatan artis inisial R tersebut. Dia juga menerangkan, pihaknya perlu melakukan koordinasi internal dahulu untuk menyikapinya.

"Kami nanti akan komunikasikan dan koordinasikan apakah betul ada laporan dimaksud, tapi tiap laporan masyarakat yang mendukung upaya penegakan hukum termasuk proses yang kami lakukan ini tentu kami akan dalami lebih lanjut. Kami nanti akan cek kembali dulu karena kita tidak tahu juga R siapa," kata Ali Fikri.

Saat ini KPK menetapkan Rafael Alun sebagai tersangka kasus gratifikasi. KPK menduga Rafael menerima gratifikasi selama 12 tahun.

Topik Menarik