Spanyol Masters: Gregoria Kejar Gelar Pertama Hari Ini

Spanyol Masters: Gregoria Kejar Gelar Pertama Hari Ini

Olahraga | BuddyKu | Minggu, 2 April 2023 - 10:10
share

AKURAT.CO, Turnamen bulutangkis Spanyol Masters 2023 telah mencapai babak final pada Minggu (2/4). Indonesia mengirim dua wakil di partai puncak turnamen BWF World Tour Super 300 tersebut melalui Gregoria Mariska Tunjung dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Bertempat di Centro Deportivo Municipal Gallur, Madrid, Spanyol, final kali ini akan sangat krusial bagi Gregoria. Pasalnya, kemenangan akan memecah kebuntuan pebulutangkis tunggal putri yang belum sekalipun pernah menjadi juara di level World Tour/Super Series itu.

Melihat perjalanannya untuk sampai ke final, Gregoria layak menjadi juara. Terutama setelah pebulutangkis berusia 23 tahun tersebut menyingkirkan juara dunia tiga kali plus jagoan tuan rumah, Carolina Marin, dalam pertarungan tiga set di semifinal, kemarin.

Namun begitu, perlawanan di final Spanyol Masters juga tidak lebih ringan sebab Gregoria harus menghadapi juara dunia lainnya, Pusarla Venkata Sindhu. Pertemuan menghadapi PV Sindhu di Madrid kali ini bakal menjadi pertemuan kedelapan di mana Gregoria selalu kalah dalam tujuh pertemuan sebelumnya.

Spanyol Masters Final Pertama Praveen/Melati Sejak 2021

Sementara itu, Praveen/Melati akhirnya mendapatkan final pertama setelah final terakhir di Hylo Terbuka pada November 2021. Final Spanyol Masters tahun ini juga menjadi peluang bagi Praveen/Melati untuk meraih gelar sejak terakhir kali mereka menjadi juara di All England 2020.

Praveen/Melati bersiap menghadapi satu-satunya wakil Eropa di Spanyol Masters 2023, yakni duet asal Denmark Mathias Christiansen/Alexandra Boje. Kedua pasangan sudah empat kali bertemu di mana Praveen/Melati untuk sementara unggul 4-1.

Namun begitu, dari segi ranking Christiansen/Boje lebih baik dengan berada di peringkat ke-19. Sedangkan Praveen/Melati saat ini berada di posisi 47 dunia setelah sempat masuk dalam jajaran sepuluh besar dunia.

Perjalanan Praveen/Melati untuk sampai ke final diwarnai dengan kemenangan melawan rekan senegara, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati. Praveen/Melati mengalahkan juniornya tersebut di perempat final dalam pertarungan tiga set.

Di semifinal, Praveen/Melati menyingkirkan pasangan asal Denmark lainnya, Mathias Thyrri/Amalie Magelund. Juga dalam pertarungan tiga set dengan skor 21-13, 22-24, dan 21-12.[]

Topik Menarik