Polresta Malang Kota : 513 Kasus Terungkap, 4 Kg Sabu Disita

Polresta Malang Kota : 513 Kasus Terungkap, 4 Kg Sabu Disita

Nasional | BuddyKu | Rabu, 29 Maret 2023 - 17:35
share

MALANG, iNewsLamongan.id - Polresta Malang Kota berhasil mengungkap 513 kasus selama Operasi Pekat Semeru 2023. Pengungkapan ratusan kasus itu didominasi premanisme, peredaran narkoba, dan minuman keras (miras).

Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto mengatakan, angka itu meningkat sebanyak 453 persen dibanding tahun sebelumnya. Selain menangkap sejumlah pelaku, polisi juga menyita 4 kg sabu-sabu, 21 kg ganja, hingga ribuan pil obat terlarang dan botol miras.

Kalau kita melihat persentase ini meningkat dari tahun sebelumnya itu sebesar 453 persen. Dua minggu kita lakukan pengungkapan ada 513 kasus, ujar Budi Hermanto di Mapolresta Malang Kota, Rabu (29/3/2023).

Buher, sapaan akrabnya, mengatakan 17 kasus di antaranya merupakan target operasi. Sedangkan sisanya merupakan hasil pengembangan yang didominasi tindakan premanisme. Rinciannya ada sekitar 412 kasus premanisme dengan 11 tersangka.

Juru parkir liar dilakukan pembinaan di mana uang parkir ditarik tanpa memberikan karcis kepada pengendara, ucapnya. Pada kesempatan itu, Buher bersama Wali Kota Malang Sutiaji dan jajaran Forkopimda Kota Malang melakukan pemusnahan terhadap barang bukti narkoba dan miras.

Ada satu unit mobil Mazda Familia di dalam perkara pencurian dengan kekerasan, ada satu unit jenis sepeda motor yang kita amankan, tuturnya.

Wali Kota Malang Sutiaji menyatakan, pengungkapan sejumlah kasus itu diharapkan mampu menekan angka kriminalitas di Kota Malang. Dia mengapresiasi langkah Polresta Malang Kota yang terbuka menyampaikan sejumlah barang bukti untuk bentuk transparansi.

Melalui itu bisa menekan kriminalisasi di kota Malang. Ini bentuk transparansi, tadi dilakukan cek kadar sabunya, benar-benar sabu, jangan sampai sabunya yang dimusnahkan tidak sabu dan lain sebagainya. Ini bentuk keterbukaan, kata Sutiaji.

Polresta Malang Kota berhasil mengungkap 513 kasus selama Operasi Pekat Semeru 2023. (Foto: Avirista Midaada/MPI)

Topik Menarik