Kisah Curug Cilember, Tempat Mandi Prabu Siliwangi, Dihuni Ikan Purbanya Pembawa Keberuntungan

Kisah Curug Cilember, Tempat Mandi Prabu Siliwangi, Dihuni Ikan Purbanya Pembawa Keberuntungan

Travel | BuddyKu | Sabtu, 4 Maret 2023 - 11:36
share

BOGOR,iNews.id - Kota dan Kabupaten Bogor memiliki tempat wisata yang cukup indah dan menarik.Salah satunya adalah curug atau air terjun.

Salah satu Curug yang menjadi obyek wisata kerab didatangi wisatawan, baik dari Kota Bogor maupun kota lainnya dari luar Kota Bogor adalah Curug Cilember.

Curug Cilember destinasi wisata yang indah pas untuk wisatawan yang ingin healing. Namun, mitos atau misteri menyelimuti Curug Cilember. Konon Cirug Cilember terbilang angker dan banyak dihuni makhluk-mahluk gaib.

Berikut cerita mistis Curug Cilember:

1. Pemandian Prabu Siliwangi

Curug Cilember terbilang unik. Curug Cilember ini semakin kecil urutan curug, maka letak air terjunnya juga akan sangat tinggi serta jalur yang harus dilewati akan sangat rumit.

Curug Cilember berada di Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua, Bogor. Konon menurut masyarakat sekitar tempat ini merupakan tempat pemandian putri-putri yang berasal dari Kerajaan Siliwangi, sehingga ada kepercayaan bahwa para pengunjung yang mandi pada curug ini akan menjadi awet muda.

Selain itu ada juga yang percaya kalau mandi di curug ini dapat mengobati beraneka macam penyakit.

Bahkan ada juga cerita yang sudah lama berkembang di masyarakat sekitar, kalau misalnya kamu belum dapat jodoh atau pendamping hidup, jika mandi di curug ini maka dengan sangat mudah kamu akan menemukan jodoh.

Bukan cuma itu saja, ada juga pengunjung yang datang pada malam hari di malam jumat kliwon mereka sengaja mandi di curug, biasanya mereka yang datang pada malam kliwon bertujuan untuk memperoleh ilmu hitam.

Umumnya para wisatawan yang datang ke kawasan Curug Cilember bertujuan agar bisa mendapat berkah, awet muda dan juga untuk menambah kekuatan dengan cara mandi pada Curug Tujuh.

2. Dua Ikan Purbanya

Mitos lainnya di Curug Cilember ini adannya dua ikan Purbanya. Kawasan cagar alam dengan luas sekitar 268,25 hektare ini ternyata ada cerita mistis di Telaga Warna ini.

Konon menurut para masyarakat yang ada disekitar telaga ini, pada telaga terdapat dua ekor ikan purba yang memang hidup disana, ikan ini berwarna kehitaman dan kuning.

Konon katanya jika ada seseorang yang bisa melihat ikan tersebut dan juga meloncat pada bagian atas permukaan telaga ini, maka semua cita-citanya bisa tercapai.

Itu sekilas tentang cerita dan mitos yang berkembang di dua lokasi wisata di Puncak Bogor.

Topik Menarik