Kemendag Tegaskan Toko Online Jual Minyakita bakal Ditutup Paksa

Kemendag Tegaskan Toko Online Jual Minyakita bakal Ditutup Paksa

Nasional | BuddyKu | Senin, 20 Februari 2023 - 11:58
share

JAKARTA, iNews.id - Maraknya penjualan minyak goreng merek Minyakita di toko online atau market place mengundang perhatian Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Bagi toko online yang masih menjual Minyakita, Kemendag bakal menindak tegas dengan menutup paksa toko-toko online tersebut.

Kita terus memonitor, kalau masih ada yang jual online, kita langsung ambil tindakan men-take down produk Minyakita tersebut dari lapaknya, ujar Plt Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Kasan kepada iNews.id, Minggu (19/2/2023).

Ketika tim iNews.id menelusuri sejumlah platform marketplace seperti Tokopedia dan Shopee dengan kata kunci pencarian Minyakita, tidak menunjukkan hasil produk ataupun toko yang memiliki kata kunci itu.

Seperti diketahui, Kemendag telah menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 3 Tahun 2023, tentang Pedoman Penjualan Minyak Goreng Rakyat. Dalam SE tersebut tertulis bahwa Minyakita dilarang untuk dijual secara bundling.

Penjualan minyak goreng rakyat dilarang menggunakan mekanisme bundling dengan produk lainnya, ujar Plt Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Kasan.

Selain itu, dalam SE tersebut juga diterangkan agar pedagang mematuhi harga Domestic Price Obligation (DPO) dan harga eceran tertinggi (HET). Penjualan minyak goreng rakyat oleh pengecer kepada konsumen dibatasi paling banyak 10 kilogram (kg) per orang per hari (untuk minyak goreng curah) dan 2 liter per orang per hari untuk minyak goreng kemasan Minyakita.

Semua pihak harus mematuhi pedoman penjualan minyak goreng rakyat ini. Kemendag tidak segan akan melakukan pengawasan dan penindakan bagi para pelaku usaha yang mengabaikan peraturan ini, ucap Kasan.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan mengatakan, masyarakat tidak lagi diwajibkan menunjukkan KTP saat membeli Minyakita. Namun, pembelian maksimal dibatasi hanya 2 liter.

Pembeli hanya (boleh membeli) 2 liter atau 2 botol, ucap Zulhas.

Adapun, kebijakan membeli Minyakita dengan menggunakan KTP karena terjadi kelangkaan serta tingginya harga Minyakita di pasar.

Topik Menarik