3 Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen di Ponsel, No 1 Buka Google Photo

3 Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen di Ponsel, No 1 Buka Google Photo

Teknologi | BuddyKu | Selasa, 14 Februari 2023 - 12:03
share

JAKARTA, iNews.id - Ketika sedang membersihkan foto-foto di ponsel alias HP agar perangkat tidak berat, tiba-tiba kamu terhapus foto penting secara permanen.

Panik dong, tentu. Tapi tenang, ada beberapa cara yang dapat dilakukan para pengguna smartphone untuk mengembalikan foto yang terhapus secara permanen.

Berikut 3 cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di ponsel:

1. Membuka Google Photo

Tak jarang foto yang sudah terhapus pun ikut menghilang di folder sampah. Jika itu terjadi, Anda dapat membuka folder Google Foto di ponsel atau gadget Anda.

Karena, akun email yang terhubung dengan ponsel biasanya akan otomatis menyimpan semua file ke perangkat bawaan salah satunya seperti Google Photos. Caranya, masuk ke aplikasi Google Foto dan pastikan email kamu sesuai dengan yang tercantum di ponsel. Kamu bisa mencari foto yang terhapus sesuai dengan tanggal kejadiannya.

2. Periksa Folder Sampah

Biasanya gambar yang sudah terhapus akan otomatis berada di folder sampah. Anda dapat memeriksanya di bagian dokumen dan mencari folder sampah atau trash.

Jika menemukannya, Anda bisa mengembalikan foto tersebut ke galeri. Namun, perlu diketahui foto yang berada di folder sampah hanya akan bertahan 30 hari setelah menghapusnya.

3. Periksa Cloud

Beberapa ponsel biasanya memiliki akun Cloud yang dapat menyimpan beberapa file salah satunya foto-foto. Coba buka pengaturan dan ketik cloud. Nantinya, Anda akan diminta memasuki data seperti email dan kata sandi.

Di sana, akan ada beberapa file yang otomatis tersimpan dari gadget Anda. Tak menutup kemungkinan foto yang sudah sempat terhapus di galeri masih berada di akun cloud Anda. Nah itu tadi cara mengembalikan foto yang terhapus permanen yang perlu diketahui. Selamat mencoba!

Topik Menarik