Loading...
Loading…
Bos IMF Sebut Kesepakatan AS-China Berdampak Positif bagi Ekonomi Global

Bos IMF Sebut Kesepakatan AS-China Berdampak Positif bagi Ekonomi Global

Bisnis | okezone | Kamis, 23 Januari 2020 - 11:00

JAKARTA Penandatanganan perjanjian perdagangan fase satu antara Amerika Serikat dengan China yang menawarkan jalan menuju perdamaian telah dilakukan. Perjanjian tersebut akan meningkatkan prospek ekonomi global.

International Monetary Fund (IMF) atau Dana Moneter Internasional bahkan mengoreksi prediksi perkiraan pertumbuhan ekonomi global pada 2020 dari 3,4% ke 3,3%.

Perang perdagangan telah berkurang 0,3%, ungkap Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva, dikutip CNBC.com, Kamis (23/1/2020).

Pekan lalu, AS dan China menandatangani kesepakatan parsial yang telah berlangsung lebih dari 18 bulan. Kedua negara dengan ekonomi terbesar di dunia itu telah memungut tarif miliaran dolar AS untuk melakukan impor selama perang dagang berlangsung.

Alasan hadirnya optimisme usai penandatanganan perjanjian ini ialah adanya keinginan bagi kebijakan moneter yang lebih terjangkau. Georgieva menyarankan, dengan adanya 49 bank sentral di seluruh dunia dapat memangkas suku bungan sebanyak 71 kali selama tahun 2019, berhasil mendorong atau menambahkan setengah persen untuk pertumbuhan global di tahun 2019 dan 2020.

Tentu saja bank sentral akan kerepotan, tetapi tindakan itu akan membantu, sambungnya.

Georgieva menyimpulkan, terlepas dari perkiraan yang diturunkan untuk tahun ini, ekonomi global melihat titik terendah dalam perdagangan dan hasil industri.

Kami telah mengurangi perkiraan kami dari 3,4% menjadi 3,3% tetapi itu hanya karena India, alasan utama penurunan peringkat, dan karena kerusuhan di beberapa negara. Seluruh dunia terlihat lebih baik hari ini daripada di bulan Oktober, katanya.

Original Source

Topik Menarik

{