Loading...
Loading…
Sri Mulyani Dianggap Lebih Cocok Jabat Menko Perekonomian Ketimbang Menkeu

Sri Mulyani Dianggap Lebih Cocok Jabat Menko Perekonomian Ketimbang Menkeu

Bisnis | inewsid | Kamis, 17 Oktober 2019 - 14:23

JAKARTA, iNews.id - Pelaku pasar masih menanti jajaran kabinet baru di bawah kepemimpinan Joko Widodo-Ma'ruf Amin . Menteri Keuangan (Menkeu) dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) merupakan dua posisi yang dinilai akan berdampak krusial terhadap perekonomian nasional.

Direktur Riset Centre of Economic Reform (CORE) Pieter Abdullah mengatakan, dua posisi ini harus diisi oleh figur yang kuat. Posisi Menko Perekonomian dinilai penting untuk memberikan arah pergerakan kebijakan ekonomi, sementara Menkeu bertugas untuk merealisasikan visi tersebut.

"Dua sosok inilah yang paling sentral mau kemana (ekonomi nasional). Kalau dua ini kuat, relatif yang lain bisa merangkul dan menyinergikan," katanya di Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Sosok Sri Mulyani Indrawati saat ini mendapatkan banyak dukungan untuk kembali menjabat sebagai Menkeu. Namun, hal yang berbeda justru disampaikan Pieter.

Menurut dia, sejak menjadi Menkeu pada tahun 2016, belum ada kebijakan signifikan untuk merealisasikan target pertumbuhan ekonomi yang lebih cepat.

"Tak konsistennya (penerimaan) perpajakan kan eranya dia. Kita menghadapi perlambatan ekonomi global. Ada ancaman resesi," ujarnya.

Selama ini, Pieter menambahkan, kebijakan Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu cenderung bersifat tidak ekspansif. Hal ini terefleksikan dengan terus menekan pagu anggaran belanja negara guna menjaga defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Rizal Ramli mengatakan kalau perlu naikkan gaji PNS, sehingga belanjanya dinaikkan, penerimaan ditahan. Defisitnya meningkat. Ciri dari kebijakan counter cyclical adalah pelebaran defisit," ujarnya.

Oleh karenanya, Pieter menyebut Sri Mulyani lebih cocok menjabat sebagai seorang Menko Perekonomian. Sebab, wanita yang akrab disapa Ani itu dinilai mampu memberikan arahan yang baik kepada seluruh Kementerian dan Lembaga di bawahnya.

"Saya butuh Menko yang punya pamor, punya wibawa, punya aura yang kuat untuk mengendalikan semua bala tentara Menteri-Menteri. Saya lihat Bu Sri Mulyani mungkin cocok ya," ucapnya.

Original Source

Topik Menarik

{