Loading...
Loading…
Dirut Holding Jadi Tersangka, Komposisi Manajemen PTPN Group Dirombak

Dirut Holding Jadi Tersangka, Komposisi Manajemen PTPN Group Dirombak

Bisnis | inewsid | Selasa, 29 Oktober 2019 - 07:08

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah merombak komposisi direksi dan komisaris PT Perkebunan Nusantara (Persero) atau PTPN Group. Keputusan ini menyusul penetapan Mantan Direktur Utama PTPN III Dolly Pulungan dan Mantan Direktur Pemasaran PTPN III I Kadek Kertha Laksana sebagai tersangka KPK.

Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi Kementerian BUMN Wahyu Kuncoro mengatakan, pasca Dolly ditetapkan tersangka, posisi dirut PTPN III mengalami kekosongan. Padahal, PTPN III merupakan induk dari holding BUMN perkebunan (PTPN Group).

Oleh karena itu, kata Wahyu, pemerintah menetapkan Wakil Direktur Utama Mohammad Abdul Ghani sebagai Plt Direktur Utama PTPN III menggantikan Seger Budiarjo. Kemarin, Budiarjo dipanggil penyidik KPK sebagai saksi dalam kasus dugaan suap distribusi gula yang menyeret Dolly dan Kadek.

Keputusan itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri BUMN Nomor SK-230/MBU/10/2019 tanggal 17 Oktober 2019. SK tersebut diserahkan oleh Wahyu yang mewakili Menteri BUMN Erick Thohir.

"Pergantian ini sejalan dengan program transformasi perusahaan yang berkomitmen untuk tetap melanjutkan program transformasi di bidang SDM yang tujuannya adalah meningkatkan kinerja usaha dan terus melakukan perubahan untuk memperluas bisnis untuk mencapai target Perkebunan Nusantara," ujar Wahyu dalam keterangan resmi, Senin (28/10/2019).

Sejumlah direksi dan komisaris PTPN III yang berganti yaitu Rini Widyastuti menggantikan Dahlan Harahap (komisaris), Dwi Sutoro menggantikan Ahmad Haslan Saragih (direktur pemasaran), dan Mahmudi menggantikan Ahmad Haslan Saragih (direktur produksi dan pengembangan).

Selain itu, perombakan juga dilakukan terhadap anak-anak usaha PTPN II. Mereka yaitu M Iswan Achir menjadi Direktur Utama PTPN II, M Arwin Nasution menjadi Direktur Komersil PTPN II, Rurianto menjadi Direktur Komersil PTPN V, Ospin Sembiring menjadi Direktur Operasional PTPN V.

Lalu ada Tri Septiono menjadi Direktur Operasional PTPN IX, Tio Handoko menjadi Direktur Perencanaan dan Pengembangan PTPN IX, serta Tuhu Bangun menjadi Direktur Operasional PTPN XIII.

Berikut Susunan Dewan Direksi PTPN III:

1. Plt. Direktur Utama M Abdul Ghani

2. Wakil Direktur Utama M Abdul Ghani

3. Direktur SDM & Umum Seger Budiarjo

4. Direktur Keuangan Mohammad Yudayat

5. Direktur Pemasaran Dwi Sutoro

6. Direktur Pelaksana Ahmad Haslan Saragih

7. Direktur Operasi dan Pengembangan Mahmudi

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{