Loading...
Loading…
Investasi Baru 75ri Target, Ekonom: Pemerintah Masih Banyak PR

Investasi Baru 75ri Target, Ekonom: Pemerintah Masih Banyak PR

Bisnis | sindonews | Kamis, 31 Oktober 2019 - 12:01

JAKARTA - Ekonom Bank Permata Josua Pardede menilai masih banyak pekerjaan yang harus diilakukan pemerintah dalam membenahi iklim investasi. Pasalnya total investasi pada kuartal III/2019 ini secara kumulatif baru mencapai sekitar 75% dari total target investasi.

Dia menyebutkan pembenahan di sektor riil perlu dipercepat mengingat tantangan global hingga tahun depan masih cukup berat dengan potensi perlambatan ekonomi global yang berimplikasi pada investasi di negara berkembang.

"Oleh sebab itu, diperlukan respons yang cepat dari pemerintah dalam jangka pendek ini untuk dapat bersaing dengan realisasi investasi di kawasan negara berkembang," ujar Josua saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Kamis (31/10/2019).

Dia melanjutkan investasi masih didominasi oleh PMDN yang tercatat naik sekitar 19% pada kuartal III/2019. Sementara realisasi PMA tumbuh 5,3% setelah dua kuartal berturut-turut sebelumnya tercatat pertumbuhan yang negatif.

"Secara kumulatif PMDN pada periode Januari-September 2019 tercatat tumbuh 17,3% menjadi sekitar Rp283,5 triliun sementara secara kumulatif PMA pada periode Januari-September 2019 tercatat turun tipis -3,3% menjadi USD21,2 miliar," jelasnya

Josua mengatakan investasi diperkirakan cenderung membaik pasca pilpres dan pembentukan kabinet Jokowi-Maruf seiring optimisme dan kepercayaan investor pada pemerintah.

"Khususnya pada upaya deregulasi kebijakan ekonomi dan mendorong proses perizinan serta memberikan insentif seperti tax holiday , tax allowance dan super deductive tax ," jelasnya.

Original Source

Topik Menarik