Loading...
Loading…
BNI KEJAR Tampilkan Karya Seni Instalasi Bambu dan Kerajinan dari Barang Bekas

BNI KEJAR Tampilkan Karya Seni Instalasi Bambu dan Kerajinan dari Barang Bekas

Bisnis | inewsid | Minggu, 24 November 2019 - 14:54

JAKARTA, iNews.id - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) bersama berbagai komunitas menyelenggarakan gerakan sosial bernama BNI KEJAR atau Kenali Sejarah, Raihlah Mimpimu dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional dan Hari Pahlawan Nasional. Acara ini menampilkan instalasi seni yang terbuat dari bahan-bahan limbah yang membentuk gambar tokoh komik pahlawan nasional Indonesia selama sepekan di Terowongan Dukuh Atas, Jakarta, mulai 24 November hingga 1 Desember 2019 mendatang.

Pembukaan aksi BNI KEJAR ini juga dimeriahkan oleh tampilnya musisi-musisi kenamaan di Tanah Air, seperti Melanie Subono dan penampilan menarik dari The Sasono. Dwi Sasono yang ditemui pada saat acara mengapresiasi terselenggaranya acara ini. Acaranya keren dan semangat sekali. Di sini ada banyak gambar-gambar pahlawan, dan yang lebih menyenangkan buat saya, melalui acara seperti ini anak-anak yang mengisi acara bisa belajar tampil di depan umum. Harus sering-sering buat acara seperti ini," katanya di Jakarta, Minggu (24/11/2019).

Selain itu, Dru personel The Sasono yang juga putra dari pasangan Aktor Dwi Sasono dan Musisi Widi Mulia juga mengatakan hal serupa. Saya sangat senang bisa melihat mural-mural, grafiti, dan gambar Bung Karno di bambu. Lalu ternyata dibuatnya menggunakan barang recycle," kata dia.

Instalasi Seni yang dibuat menggunakan sampah ini sejalan dengan kampanye BNI Go Green untuk membudayakan pola hidup cinta lingkungan. Cinta lingkungan tersebut diajarkan dengan membudayakan Pemanfaatan kembali Sampah (Reuse, Reduce, Recycle atau 3R).

Melalui prinsip tersebut, sampah tidak lagi dipandang sebagai limbah yang tidak berguna, melainkan dapat ditinjau ulang dan diolah menjadi barang yang memiliki nilai tambah lebih besar. Dalam hal ini, sampah tersebut diolah menjadi sebuah karya seni yang mengandung nilai edukasi tinggi sekaligus hiburan.

Melanie Soebono menambahkan instalasi seni dari daur ulang sangat bagus, karena masalah terbesar masyarakat saat ini adalah sampah. "Dengan kreativitas sebenarnya banyak barang yang kita pikir sudah tidak berguna ternyata masih bisa dikreasikan menjadi lebih berharga. Dan salah satu cara untuk edukasi yang baik adalah dengan lewat seni," ujarnya.

Sementara itu, Corporate Secretary BNI Meiliana memaparkan perusahaan memang memiliki kepedulian tinggi terhadap kelestarian lingkungan. Karena itu, kegiatan BNI KEJAR kali ini juga memamerkan instalasi karya seni bertemakan pahlawan nasional seperti Presiden pertama Indonesia Soekarno Hatta dan Jenderal Besar Soedirman. "(Ini) dibuat menggunakan material bambu serta mengembangkan Bank Sampah sebagai bentuk cinta lingkungan sekaligus literasi keuangan, tutur dia.

Original Source

Topik Menarik

{