Loading...
Loading…
Oxfam: 2.153 Miliarder Lebih Kaya dibanding Gabungan 4,6 Miliar Penduduk Dunia

Oxfam: 2.153 Miliarder Lebih Kaya dibanding Gabungan 4,6 Miliar Penduduk Dunia

Bisnis | inewsid | Senin, 20 Januari 2020 - 04:40

DAVOS, iNews.id - Organisasi nirlaba asal Inggris, Oxfam menyebut ketimpangan global makin parah. Dalam sepuluh tahun terakhir, kekayaan para miliarder naik dua kali lipat dan kini lebih kaya daripada 60 persen populasi dunia.

Dalam laporan tahunan yang dirilis dalam pertemuan World Economic Forum (WEF) di Davos, Swiss, Oxfam menyebut 2.153 miliarder kini memiliki kekayaan lebih banyak daripada gabungan 4,6 miliar penduduk dunia terbawah.

"Ekonomi kita yang rusak sejalan dengan makin tebalnya kantong miliarder dan korporasi raksasa, dengan mengorbankan laki-laki dan perempuan biasa. Tak heran orang-orang mulai mempertanyakan apakah para miliarder seharusnya ada," kata Kepala Oxfam India, Amitabh Behar, dilansir AFP , Senin (20/1/2020).

Menurut Behar, ketimpangan yang meningkat mustahil diatasi kalau tidak ada kebijakan masif dari dunia untuk memerangi ketimpangan. Dia menyebut, tingginya ketimpangan bisa dilihat dari data bahwa 22 orang terkaya di dunia saat ini lebih kaya dari seluruh perempuan di Afrika.

"Jika satu persen orang terkaya dunia dikenai pajak tambahan 0,5 persen dari total kekayaan mereka selama 10 tahun, itu setara dengan investasi yang menciptakan 117 juta lapangan kerja baru, untuk orang tua, penitipan anak, pendidikan, dan kesehatan," ujar Behar.

Baca Juga :
Kesenjangan Akibat Pandemi Melebar, Dunia Harus Turun Tangan

Laporan Oxfam menggunakan data dari majalah Forbes dan bank asal Swiss, Credit Suisse. Data yang diolah oleh Oxfam kerap menimbulkan kritik dari sejumlah ekonom.

Original Source

Topik Menarik