Besok Habib Rizieq Diperiksa, PA 212: Sama Saja Mengundang Reuni Akbar di Polda Metro Jaya

sindonews | Berita Utama | Published at 30/11/2020 10:23
Besok Habib Rizieq Diperiksa, PA 212: Sama Saja Mengundang Reuni Akbar di Polda Metro Jaya

Pemanggilan Habib Rizieq Shihab terkait kerumunan massa dalam acara Maulid Nabi dan pernikahan putrinya di Jalan Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat oleh penyidik Polda Metro Jaya akan menggerakan pencinta sang habib mendampingi pemeriksaan tersebut. Hal itu diungkapkan Wakil Sekertaris Jendral Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin.

Novel Bamukmin menyayangkan langkah Polda Metro yang memanggil Habib Rizieq. Sebab, kata Novel, pemanggilan tersebut justru akan mengerakan umat untuk mendatangi Polda Metro lantaran ingin mendampingi pemeriksaan Habib Rizieq.

"Karena disadari atau tidak memanggil HRS (Habib Rizieq Shihab) otomatis telah mengundang pecinta HRS dari seluruh daerah dan itu bisa memutihkan Polda Metro Jaya," ujar Novel saat dihubungi Okezone di Jakarta, Senin (30/11/2020).

Novel pun memprediksi jika Habib Rizieq menghadiri pemanggilan oleh Polda Metro Jaya jutaan umat akan turut hadir mengawal."Jutaan umat akan hadir (mendampingi) dan ini sama saja Kapolda mengundang reuni akbar yang lokasinya di Polda Metro Jaya," tegasnya.

"Karena keadaan itu pernah terjadi saat IB (Imam Besar) diperiksa di Polda Metro Jaya dalam rangkaian kriminalisasi ulama beberapa waktu lalu," ujarnya.(Baca: Selasa, Polda Metro Panggil Habib Rizieq Terkait Kerumunan di Petamburan)

Sebelumnya diketahui, Penyidik dari Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya sempat dapat penghadangan saat hendak ke kediaman Rizieq di Petamburan III, Tanah Abang, Jakarta Pusat oleh belasan anggota FPI dan Laskar Pembela Islam (LPI). Mereka hanya mengizinkan tiga personel Korps Bhayangkara yang masuk ke rumah Rizieq.

Syarat itu sempat ditolak oleh salah satu anggota polisi hingg akhirnya terjadi dialog dan polisi yang masuk hanya tiga orang. Sementara itu, Kepala Subdirektorat Keamanan Negara Ditreskrimum Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi Raindra Ramadhan Syah menambahkan surat panggilan telah diterima oleh pihak keluarga.

Berdasar data yang dihimpun, Rizieq akan dimintai keterangannya sekitar pukul 10.00 WIB pagi pada Selasa mendatang oleh penyidik Subdit Kamneg "Surat panggilan terhadap Bapak Muhammad Rizieq Shihab sudah diberikan kepada pihak keluarga," tegas Raindra menambahkan.

Polisi juga melayangkan panggilan kepada menantu Habib Rizieq, yakni M Hanif Alatas pada Selasa depan. Habib Rizieq maupun menantunya akan dimintai keterangan sebagai saksi.

Artikel Asli