Masyarakat Belum Disiplin Jaga Jarak, Satgas Minta Tokoh Agama Jadi Teladan

Berita Utama | okezone | Published at Senin, 16 November 2020 - 05:02
Masyarakat Belum Disiplin Jaga Jarak, Satgas Minta Tokoh Agama Jadi Teladan

JAKARTA - Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo kembali mengajak masyarakat agar melaksanakan protokol kesehatan dengan disiplin. Salah satunya adalah dengan menghindari acara atau acara yang menimbulkan kerumunan. 

Dia menyebut bahwa dari tiga langkah protokol kesehatan, masyarakat kurang disiplin dalam menjaga jarak. “Ini hal yang sangat sulit. Dari data yang kami peroleh peningkatan menggunakan masker sudah sangat bagus, termasuk juga cuci tangan. Tetapi jarak dan menghindari kerumunan ini masih belum optimal,” katanya, Minggu, (15/11/2020). 

Doni mengatakan, kerumunan dapat menyebabkan tingginya potensi penularan Covid-19, sehingga akan menyulitkan semua orang. Padahal saat ini proses pengendalian kasus covid di Indonesia cukup baik dibandingkan sejumlah negara.

“Pemerintah tidak bisa bekerja sendirian, pemerintah butuh bantuan dari segenap tokoh-tokoh agama yang kiranya bisa menjadi suri teladan untuk bisa mengingatkan masyarakat kita,” ucapnya.

Doni menegaskan bahwa selama pandemi berlangsung, menghindari kerumunan harus terus dilakukan. Dia menegaskan bahwa pihak yang menyelenggarakan acara secara tidak langsung mengancam keselamatan jiwa orang per orang.

Baca juga: Doni Monardo Sebut Pembuat Kerumunan Disanksi di Dunia dan Akhirat

“Sekali lagi menghindari kerumunan adalah modal yang harus kita kumandangkan setiap saat. Kita tidak tahu Covid bisa lebih lama lagi dan kita harus punya stamina untuk menghadapi ini semuanya,” ujarnya.

Artikel Asli