Permak Inggris, Belgia Selangkah Menuju ke Semifinal

Berita Utama | sindonews | Published at Senin, 16 November 2020 - 05:12
Permak Inggris, Belgia Selangkah Menuju ke Semifinal

Belgia membuka jalan lolos ke semifinal UEFA Nations League 2020/2021 setelah membungkam Inggris. Bermain di di Stadion Den Dreef, Leuven, Minggu (15/11/2020) malam waktu lokal atau Senin (16/11/2020) dini hari WIB, Romelu Lukaku dkk menang 2-0.

Dua gol kemenangan Belgia tercipta di babak pertama. Gelandang Belgia Youri Tielemans membuka keunggulan pada menit kesepuluh setelah memanfaatkan umpan matang Romelu Lukaku. Dries Mertens menggandakan keunggulan menit ke-24. (Baca juga: Lebih Dekat dengan Enam Pemain Debutan Timnas Amerika Serikat).

Pada babak kedua, tidak ada gol tercipta. Inggris menyadari membutuhkan gol, dan mengawali laga paruh kedua dengan permainan agresif. Namun, hingga menit 55, Inggris yang dimotori Harry Kane tak membuahkan hasil. Belgia menunjukkan pertahanan yang kuat, dan Inggris yang menguasai bola selalu kesulitan untuk menembus lini belakang Belgia.

Meski begitu, Inggris bukan tanpa peluang. Pada menit 57, mereka mendapat peluang emas mencetak gol setelah Kane melakukan tembakan ke arah gawang Belgia. Namun, bola mampu ditangkap Thibaut Courtois. (Baca juga: Bruno Fernandes: Manchester United Punya Mental Juara).

Sepanjang laga babak kedua, Inggris pun terus melakukan tekanan. Tetapi, Belgia sesekali juga melakukan serangan. Peluang emas didapat pada menit 76 ketika Lukaku melancarkan tembakan ke arah sudut kiri bawah. Sayangnya, bola masih berhasil diselamatkan Jordan Pickford. Hingga wasit meniup peluit panjang, skor tak berubah. Belgia berhasil memetik tiga poin atas Inggris dengan skor 2-0.

Belgia meraup 12 poin dalam lima laga dan bertengger di puncak klasemen. Denmark yang menang 2-1 atas Islandia di peringkat 2 dengan 10 poin. Sedangkan Inggris tercecer di peringkat 3 dengan tujuh poin, dan terancam terdegradasi ke Grup B. Sementara islandia yang tidak meriah angka sudah terlempar ke Grup B. (Baca juga: Real Madrid Lega, Modric Negatif Covid-19)

Jalan pertandingan babak pertama

Kedua tim saling terbuka melakukan serangan. Inggris yang datang sebagai tamu tak gentar untuk melancarkan tekanan ke pertahanan Belgia. Namun begitu, tim tuan rumah tampil lebih dominan dalam menguasai bola di awal laga.

Pada menit 10, Belgia pun berhasil mengejutkan Inggris dengan mencetak gol pembuka. Adalah Youri Tielemans yang berhasil mengoyak jala Jordan Pickford usai meneruskan umpan apik dari Romelu Lukaku.

Meski tembakan bola Tielemans sempat menyentuh tiang gawang, tetapi si kulit bundar kemudian masuk ke dalam gawang Inggris. Keadaan pun berubah, Belgia memimpin kedudukan di awal laga dengan skor 1-0.

Tertinggal, Inggris mencoba bangkit. Tetapi, alih-alih berusaha keras mencari gol penyeimbang, gawang Inggris kembali kebobolan. Pada menit 23, Belgia berhasil menggandakan keunggulan setelah Dries Mertens mengoyak jala Inggris.

Lewat tendangan bebas yang apik, Mertens berhasil memasukkan bola ke sudut kiri gawang Inggris. Pickford yang gagal membendung tendangan Mertens harus puas meratapi nasib untuk kebobolan dua kali. Belgia unggul 2-0. Keadaan pun tak berubah hingga laga babak pertama usai. Pada 45 menit pertama, Belgia unggul dengan skor 2-0 atas Inggris.

Susunan pemain

Belgia (3-4-2-1): Courtois; Alderweireld, Denayer, Vertonghen; Meunier, Witsel, Tielemans, T Hazard; Mertens, De Bruyne; Lukaku

Cadangan: Mignolet, Casteels, Mechele, Lukebakio, Foket, Verscharen, Praet, Benteke, Delcroix, Chadli, Batshuayi

Pelatih: Roberto Martinez

Inggris (3-4-2-1): Pickford: Walker, Mings, Dier; Trippier, Henderson, Rice, Chilwell; Mason Mount, Jack Grealish; Kane

Cadangan: Pope, Henderson, Keane, Maitland-Niles, Saka, Winks, Bellingham, Sancho, Foden, Calvert-Lewin, Abraham

Pelatih: Gareth Southgate

Artikel Asli