Israel dan AS Mulai Ketar-ketir, Iron Dome Kewalahan Hadapi Rudal dan Drone Hizbullah

Israel dan AS Mulai Ketar-ketir, Iron Dome Kewalahan Hadapi Rudal dan Drone Hizbullah

Berita Utama | inews | Sabtu, 22 Juni 2024 - 07:05
share

WASHINGTON, iNews.id - Amerika Serikat (AS) merilis laporan soal kekhawatiran rudal pertahanan Iron Dome Israel tak sebanding dengan rudal dan drone kelompok Hizbullah Lebanon.

Tiga pejabat AS yang meminta identitas mereka dirahasiakan mengatakan kepada CNN, kekhawatiran yang sama juga menghinggapi pemerintah Israel. Ketegangan antara kelompok Hizbullah dan Israel di perbatasan terus meningkat sepekan terakhir ditandai dengan aksi saling serang.

Bahkan serangan yang dilancarkan Hizbullah ke Israel semakin membabi-buta, melibatkan satu skuadron drone serta ratusan roket. Ini sebagai pembalasan atas kematian komandan senior Hizbullah akibat serangan udara pasukan Zionis.

Kami menilai setidaknya beberapa (baterai Iron Dome) akan kewalahan, kata seorang pejabat senior pemerintahan Presiden Joe Biden.

Sementara itu seorang pejabat Israel mengatakan, beban yang harus ditanggung Iron Dome semakin berat jika Hizbullah melandarakan serangan rudal berpresisi tinggi yang lebih sulit dicegat. Selama ini Hizbullah lebih sering menyerang menggunakan drone dan roket tak berpemandu.

Hizbullah diperkirakan memiliki lebih dari 150.000 rudal dan roket, termasuk ribuan senjata berpemandu presisi, serangkaian drone. Beberapa di antara senjata itu sudah berteknologi canggih yang dipasok oleh Iran.

Kelompok Hizbullah beberapa kali menggunakan senjata tersebut untuk menyerang wilayah Israel dalam beberapa bulan. Bukan hanya itu, Hizbullah telah menerbangkan drone-drone-nya untuk melakukan misi pengintaian di wilayah Israel tanpa ada gangguan.

Video drone mata-mata berdurasi lebih dari 9 menit dirilis Hizbullah pada Selasa lalu. Isi rekaman menunjukkan jaringan pertahanan udara Israel mencakup beberapa fasilitas militer sensitif dan pusat perekonomian.

Rekaman juga menunjukkan Kompleks Industri Militer Rafael, fasilitas pertahanan udara dan Pelabuhan Haifa. Bahkan drone mata-mata Hizbullah juga merekam pesawat militer Israel saat kembali ke pangkalannya di lokasi yang dirahasiakan jauh dari perbatasan Lebanon maupun Gaza.

Video lain yang dirilis awal bulan ini menunjukkan, Hizbullah menghancurkan peluncur Iron Dome di Israel utara menggunakan drone.

Topik Menarik