Jutaan Jemaah Memulai Prosesi Haji Hari Ini, Lantuan Talbiyah Menggema di Makkah

Jutaan Jemaah Memulai Prosesi Haji Hari Ini, Lantuan Talbiyah Menggema di Makkah

Berita Utama | inews | Jum'at, 14 Juni 2024 - 12:15
share

MAKKAH, iNews.id - Seluruh jemaah akan memulai prosesi ibadah haji hari ini, Jumat (14/6/2024). Sebagian jemaah berangsur bergerak ke Mina sejak Kamis (13/6/2024) malam. Sebagian lainnya bergerak usai melaksanakan Shalat Jumat di Masjidil Haram, Makkah.

Kota Makkah, terutama di Masjidil Haram dan sekitarnya, bergema dengan lantunan kalimat talbiyah yang diucapkan para jemaah, “Labbaik Allahumma Labbaik...". 

Jemaah akan melaksanakan Ibadah Tarwiah di Mina atau dikenal dengan Kota Tenda pada Jumat yang bertepatan dengan 8 Zulhijjah, menandai dimulainya haji. Mina berjarak sekitar 7 km dari Masjidil Haram.

Mereka akan mengisi Hari Tarwiyah dengan berdoa dan berzikir di tenda masing-masing sebagai persiapan untuk melaksanakan puncak haji yakni Wukuf di Arafah pada Sabtu (15/6/2024). 

Di Mina, jemaah melaksanakan Shalat Zuhur-Ashar yang di jamak qashar menjadi masing-masing 2 rakaat. Kemudian Maghrib dan Isya juga dijamak, di mana Shalat Isya dikerjakan dengan 2 rakaat.

Mina terletak di antara Makkah dan Muzdalifah. Lokasinya masih berada di dalam Tanah Haram, merujuk pada lokasi yang dilarang dimasuki oleh umat agama lain. Lokasi itu berada di lembah yang dikelilingi pegunungan di sisi utara dan selatan. Mina hanya dihuni saat musim haji. 

Sementara itu pihak berwenang Arab Saudi mengerahkan segala sumber daya manusia dan material untuk melayani sekitar 2,6 juta jemaah sebaik-baiknya.

Sesuai instruksi Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman bin Abdulaziz serta Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) kepada seluruh instansi terkait bahwa pelayanan jemaah menjadi prioritas. 

Otoritas keamanan juga telah menyelesaikan semua persiapan untuk menjamin keselamatan para jamaah serta keamanan operasional haji.

Untuk mengatasi suhu panas yang diperkirakan mencapai 48 derajat Celsius, Kementerian Lingkungan Hidup Air dan Pertanian mengerahkan lebih dari 2.000 petugas untuk menyediakan air bagi jemaah.  Setiap hari 750.000 meter kubik lebih air disediakan di Makkah. Volumenya ditingkatkan menjadi 1 juta meter kubik saat puncak haji yakni Wukuf di Arafah dan Idul Adha keesokan harinya. Jumlah penampungan air yang disediakan mencapai 3,2 juta meter kubik.

Topik Menarik