Kenapa Kucing Tidak Masuk Surga? Ternyata Ini Jawabannya

Kenapa Kucing Tidak Masuk Surga? Ternyata Ini Jawabannya

Berita Utama | inews | Minggu, 24 Maret 2024 - 02:45
share

JAKARTA, iNews.id - Pertanyaan kenapa kucing tidak masuk surga kembali muncul. Dalam ajaran Islam, surga adalah tempat yang diperuntukkan bagi makhluk Allah SWT yang beribadah. Namun, apakah kucing termasuk di antara penghuni surga? Mari kita telusuri penjelasannya.

Kenapa kucing tidak masuk surga?

Banyak pemilik kucing yang sedih setelah mengetahui bahwa kucing tidak bisa masuk surga menurut Islam. Padahal, seperti hewan lainnya, kucing berbeda dengan manusia yang bisa melakukan maksiat. Dengan logika ini, kucing seharusnya dianggap sebagai makhluk tak berdosa dan layak masuk surga.

Namun, alasan kucing tidak masuk surga sebenarnya karena surga memang khusus untuk makhluk ciptaan Allah SWT yang beribadah. Sementara kucing dan hewan lainnya tidak memiliki kewajiban ibadah seperti manusia.


Apa yang dilakukan hewan semasa di dunia tidak akan ditimbang dan tidak akan mendapatkan balasan. Di akhirat nanti, kondisi kucing dan hewan lain berbeda dengan manusia.


Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,



Sungguh semua hak akan dikembalikan kepada pemiliknya di hari kiamat, sampai diqishas dari kambing yang tidak punya tanduk, kepada kambing bertanduk (yang pernah menanduk). (HR. Ahmad 7404 & Muslim 6745)


Selanjutnya, setelah selesai qishas, mereka dijadikan debu.


Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,


: : ( )

Allah akan menegakkan qishas antar-semua makhluknya, jin, manusia, dan binatang. Pada hari itu, akan diqishas dari kambing yang tidak memiliki tanduk untuk membalas kambing bertanduk. Hingga setelah tidak tersisa lagi kedzaliman apapun yang belum terbalaskan, Allah berfirman kepada binatang, Jadilah tanah. di saat itulah, orang kafir mengatakan, Andai aku menjadi tanah. (HR. Ibnu Jarir dalam tafsirnya, 24/180 dan dishahihkan al-Albani).


Hadis ini menegaskan bahwa Allah membangkitkan binatang, meskipun mereka tidak diberi balasan dalam bentuk pahala atau hukuman karena mereka tidak memiliki akal. Namun, mereka akan diadili dan kemudian diubah menjadi tanah.

Oleh karena itu, kita tidak menyatakan bahwa binatang yang hidup di dunia ini, termasuk yang berkemampuan seperti binatang ternak, akan masuk surga.


Pertanyaaan kenapa kucing tidak masuk surga sudah terjawab bukan? Semoga bermanfaat.

Topik Menarik