10 Aplikasi Ini Dilaporkan Memuat Spyware Mampu Curi Data Pengguna, Segera Hapus!

10 Aplikasi Ini Dilaporkan Memuat Spyware Mampu Curi Data Pengguna, Segera Hapus!

Berita Utama | BuddyKu | Selasa, 6 Juni 2023 - 22:15
share

JAKARTA - Beberapa tahun terakhir aplikasi mini game tampaknya semakin digemari. Namun ternyata beberapa aplikasi jahat telah dirancang untuk mengambil keuntungan dari kebiasaan pengguna yang tidak curiga terhadap aplikasi tersebut. Bahkan, aplikasi tersebut justru memuat spyware yang dapat berbahaya jika menginfeksi ponsel pengguna.

Seperti yang dilansir dari HT Tech , pengembang aplikasi antivirus Dr. Web telah menemukan adanya spyware di aplikasi yang mereka beri nama SpinOk. Tim Dr. Web juga mengatakan bahwa pengembang dapat menyematkan spyware tersebut ke semua jenis aplikasi dan game, termasuk aplikasi yang tersedia di Google Play.

Spyware ini tentu sangat berbahaya apalagi bagi informasi pribadi Anda. Laporan dari Dr. Web tersebut menunjukkan bahwa setelah spyware tersebut disuntikkan ke salah satu aplikasi yang terkena dampak, maka software development kit (SDK) yang telah menjadi Trojan akan membuat koneksi dengan server jarak jauh untuk mengambil daftar situs web yang digunakan untuk menampilkan minigame di dalam aplikasi.

Modul SpinOk ini memiliki kemampuan untuk melakukan berbagai operasi berbahaya di latar belakang seperti membuat daftar file di direktori, mencari file tertentu, mengunggah file dari smartphone yang terinfeksi, dan menyalin atau mengganti konten dari clipboard perangkat.

Menurut Dr. Web, perangkat pengembangan perangkat lunak (SDK) tersebut terdeteksi di 101 aplikasi yang tersedia di Google Play. Namun, berikut beberapa aplikasi yang paling populer yang ternyata memuat spyware.

Aplikasi Berbahaya yang Memuat Spyware

Berikut 10 aplikasi yang memuat spyware dan populer yang harus Anda waspadai.

  1. Noizz: video editor with music
  2. Zapya File Transfer, Share
  3. VFly: video editor & video maker
  4. MVBit MV video status maker
  5. Biugo video maker & video editor
  6. Crazy Drop
  7. Cashzine Earn money reward
  8. Fizzo Novel Reading Offline
  9. CashEM: Get Rewards
  10. Tick: watch to earn

Apa yang Harus Dilakukan Terhadap Aplikasi yang Memuat Spyware?

Jika Anda menggunakan salah satu aplikasi yang terinfeksi spyware, Anda disarankan untuk memperbaruinya ke versi terbaru untuk menghindari versi yang terinfeksi. Jika Anda tidak dapat menemukan aplikasi di Google Play STore, maka segera uninstall. Selain itu, pastikan Anda juga selalu melakukan scan smartphone Anda dengan antivirus untuk mendeteksi spyware.

Topik Menarik