Risiko Penyakit Jantung saat Konsumsi Kopi Hitam

Risiko Penyakit Jantung saat Konsumsi Kopi Hitam

Berita Utama | BuddyKu | Selasa, 6 Juni 2023 - 18:45
share

RAKYAT.NEWS, LIFESTYLE Kopi hitam menjadi minuman favorit banyak orang di pagi hari untuk memulai aktifitas atau di malam hari untuk menemani aktivitas begadang. Konsumsi kopi hitam dalam jumlah yang tepat tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, ini dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

Kafein menjadi senyawa di dalam kopi hitam yang membuat tubuh merasa lebih segar dan bertenaga. Namun, kafein yang berlebihan dapat memicu peningkatan kadar kolesterol jahat (LDL) dan tekanan darah yang tinggi. Hal ini menyebabkan kerusakan pada dinding arteri dan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

Konsumsi kopi hitam yang terlalu banyak juga dapat memicu timbulnya gejala-gejala lain seperti susah tidur, sakit kepala, dan peningkatan denyut jantung. Terutama pada individu yang rentan terkena penyakit jantung seperti penderita diabetes dan hipertensi.

Selain kafein, kopi hitam juga mengandung senyawa polifenol yang dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker dan stroke. Akan tetapi, polifenol yang terdapat dalam kopi hitam akan menjadi tidak baik saat kopi hitam diproses dengan tambahan susu dan gula.

Oleh sebab itu, konsumsi kopi hitam sebaiknya tidak berlebihan dan diimbangi dengan gaya hidup yang sehat seperti olahraga teratur dan mengkonsumsi makanan yang sehat. Jangan menambahkan terlalu banyak susu atau gula pada kopi hitam untuk meredam efek yang tidak diinginkan. Selain itu, perhatikan pula dosis konsumsi kopi hitam agar terhindar dari risiko terkena penyakit jantung dan gangguan kesehatan lainnya.

Topik Menarik