7 Pemain Keturunan Grade A Ini Siap Perkuat Timnas Indonesia?

7 Pemain Keturunan Grade A Ini Siap Perkuat Timnas Indonesia?

Berita Utama | BuddyKu | Minggu, 4 Juni 2023 - 21:45
share

SEBANYAK 7 pemain keturunan Grade A ini siap perkuat Timnas Indonesia ? Ketujuh pemain keturunan Indonesia Grade A yang dimaksud adalah Ragnar Oeratmangoen, Jordi Werhmann, Tijjani Reijnders, Kevin Diks, Mess Hilgers, Pascal Struijk, dan Emil Audero .

Menurut unggahan kanal YouTube Kilas Bola, ketujuh pemain keturunan di atas dilaporkan ingin dinaturalisasi menjadi warga negara Indonesia (WNI) untuk memperkuat Timnas Indonesia. Meskipun, beberapa di antara mereka pernah memilih untuk menolak naturalisasi jadi WNI.

Sebut saja seperti Emil Audero, kiper Sampdoria itu sudah beberapa kali ditawari untuk dinaturalisasi oleh PSSI. Tercatat, PSSI pernah mendekati Emil Audero pada 2016 silam meski kiper berkewarganegaraan Italia tersebut memilih untuk menolaknya.

Kemudian pada 2021 lalu, PSSI kembali mencoba merayu Emil Audero. Akan tetapi, PSSI lagi-lagi gagal meyakinkan kiper 26 tahun itu. Ayah Emil Audero yakni Edy Mulyadi menegaskan bahwa anaknya lebih memilih berjuang bersama Timnas Italia agar bisa tampil di Piala Dunia.

Namun, akhir-akhir ini isu Emil Audero membela Timnas Indonesia terdengar lagi. Sebab peluangnya bermain di Timnas Italia terlihat masih kecil. Apalagi klubnya, Sampdoria harus terdegradasi ke Serie B Italia musim depan.

Emil Audero Mulyadi

Sementara pemain keturunan lainnya, Ragnar Oratmangoen memiliki cerita yang berbeda. Pemain 25 tahun yang saat ini memperkuat klub kasta tertinggi Liga Belanda, FC Groningen itu juga pernah masuk dalam daftar pemain yang hendak dinaturalisasi PSSI pada akhir 2021.

Kala itu, Ragnar Oratmangoen bersanding dengan tiga nama lain yang hendak dinaturalisasi, yakni Mees Hilgers, Jordi Amat dan Sandy Walsh untuk menggantikan posisi Kevin Diks yang tiba-tiba mundur. Namun, muncul wacana proses naturalisasi Kevin Diks dilanjutkan, sehingga Ragnar Oratmangoen batal dinaturalisasi.

Selain kisah Emil Audero dan Ragnar Oratmangoen di atas, kelima pemain keturunan lainnya yakni Jordi Werhmann, Tijjani Reijnders, Kevin Diks, Mess Hilgers, Pascal Struijk juga memiliki cerita yang berbeda. Di antara mereka memang pernah menolak dinaturalisasi jadi WNI.

Namun itu adalah waktu yang dulu. Kini, bukan tidak mungkin berkat campur tangan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mereka mau memperkuat Timnas Indonesia. Sebab, program naturalisasi Timnas Indonesia yang dijalankan PSSI terus berlanjut di era Erick Thohir.

Apalagi, kehadiran Erick Thohir di tubuh PSSI dapat membawa kemajuan sepakbola Indonesia hingga saat ini. Sebut saja, PSSI di era Erick Thohir berhasil mendatangkan juara Piala Dunia 2022 yakni Timnas Argentina yang akan menjadi lawan Timnas Indonesia pada 19 Juni 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Ragnar Oratmangoen

Belum lagi, Erick Thohir memiliki jaringan yang luas di kalangan pesepakbola internasional setelah pernah menjabat sebagai presiden Inter Milan. Bahkan belum lama ini, Erick Thohir diketahui memiliki hubungan dekat dengan Jose Mourinho, hingga berhasil mendatangkan legenda sepakbola dunia seperti Roberto Carlos dan lainnya ke Indonesia. Tentunya, sangat dinantikan bagaimana magis Erick Thohir untuk bisa menaturalisasi ketujuh pemain keturunan di atas.

Berikut 7 Pemain Keturunan Grade A yang Disebut Siap Perkuat Timnas Indonesia Versi Kanal YouTube Kilas Bola:

1. Ragnar Oeratmangoen

2. Jordi Werhmann

3. Tijjani Reijnders

4. Kevin Diks

5. Mess Hilgers

6. Pascal Struijk

7. Emil Audero

Topik Menarik