Thailand Open 2023 Minions Dan Bakri Melaju Raja Tarkam Terbenam

Thailand Open 2023 Minions Dan Bakri Melaju Raja Tarkam Terbenam

Berita Utama | BuddyKu | Sabtu, 3 Juni 2023 - 07:30
share

Dua ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri melaju ke semifinal badminton Thailand Open 2023. Sedangkan ganda Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Fahlevi, terbenam kalah.

Bertanding di Indoor Stadium Huamark, Bangkok, Thailand,kemarin, ganda Kevin/Markus harus berjuang keras untuk memuluskan kakinya ke semifinal badminton BWF level super 500 ini.

The Minions --julukan Kevin/Marcus-- harus bermain tiga gim untuk menundukkan ganda putra terkuat Korea Selatan, Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae. Minios menang 17-21, 22-20, 21-18.

Sejak set awal, kedua pasangan saling kejar mengejar angka. Tapi, eks ganda putra peringkat satu dunia asal Indonesia ini harus kalah, 17-21. Di set kedua pun, masih kejar-kejaran poin. Tapi, dengan pengamannya, Minions mampu menang 22-20.

Di set penentuan, The Minions mengambil inisiatif menyerang. Bola-bola net dan smash keras menjadi andalan Kevin/Markus dan sulit untuk dibendung ganda Korsel ini. Alhasil, Kevin/Marcus melaju. Di babak semifinal, Minions akan bertemu pasangan ganda putra China, Liang Wei Keng/Wang Chang.

Keberhasilan sama diraih pasangan ganda putra Indonesia, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri alias Bakri. Peraih gelar juara All England 2021 ini juga harus bertarung sengit dengan ganda putra Chinese Taipei, Lu Chin Yao/Yang Po Han.

Bakri harus bertarung tiga gim untuk melaju ke semifinal badminton berhadiah 420.000 dolar Amerika atau setara dengan Rp 6 miliar ini. Dia menyudahi wakil Chinese Taipei Lu Chin Yao/Yang Po Han dengan 21-18, 19-21, 21-17.

Sementara ganda putra non Pelatnas Cipayung, Sabar Karyaman Gutama/Mohammad Reza Fahlevi Isfahani harus mengubur mimpinya untuk masuk babak semifinal. Sabar/Reza yang kerap dijuluki Si Raja Tarkam ini harus kalah dari ganda China, Liang Wei Keng/Wang Chang. Sabar/Reza kalah dengan tiga set, 21-16, 15-21, 12-21.

Perlu diketahui, setelah keluar dari pelatnas, Sabar/Reza kerap mengikuti kejuaraan bulutangkis lokal di Indonesia alias pertandingan di kampung atau tarkam. Mereka kerap menjadi juara. Sehingga Sabar/Reza dijuluki Raja Tarkam.

Sebenarnya, penampilan Sabar/Reza cukup baik di Thailand Open 2023. Mereka berjuang dari babak kualifikasi dan sukses menembus petempat final.

Sebelumnya, Sabar/Reza mampu mengalahkan ganda Chinese Taipei, Su Ching Heng/Yu Hong Wei dengan 21-13, 21-19. Sedangkan dari sektor lainnya, baik tunggal putra (tunggal putri, ganda putri dan ganda campuran) tidak satu pun wakil Indonesia menembus babak perempat final. Mereka harus tumbang di babak 16 besar.

Topik Menarik