Setelah Aset Senilai Rp100 Miliar Disita, KPk Cekal 4 Keluarga Rafael Alun ke Luar Negeri

Setelah Aset Senilai Rp100 Miliar Disita, KPk Cekal 4 Keluarga Rafael Alun ke Luar Negeri

Berita Utama | BuddyKu | Jum'at, 2 Juni 2023 - 10:51
share

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus bergerak menyelidiki harta kekayaan Rafael Alun. Terbaru 4 (empat) anggota keluarga Mario Dandy dicegah KPK ke luar negeri.

KPK juga sudah menyita harta ayah Mario Dandy senilai Rp 100 miliar yang terdiri dari tas mewah, uang dolar Amerika Serikat (AS) rumah pribadi, kost, kontrakan, kendaraan termasuk motor gede atau moge.

Total Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyita aset senilai Rp 100 miliar milik Rafael. Kasusnya dugaan gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Jurubicara Bidang Penindakan dan Kelembagaan KPK, Ali Fikri, Jumat pagi (2/6/2023) mengatakan, hingga saat ini, total aset Rafael yang sudah disita sekitar mencapai senilai Rp 100 miliar.

Dan ini akan terus bertambah. Perkembangannya akan disampaikan, ujar Ali soal harta kekayaan mantan pejabat Ditjen Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Rafael Alun Trisambodo (RAT) ini.

Ali menjelaskan, aset-aset Rafael yang disita terdiri dari tas mewah sebanyak 68, beberapa barang mewah lainnya, serta uang dolar Amerika Serikat (AS) senilai Rp 32 miliar.

Terbaru ada kendaraan, rumah, rumah kost dan kontrakan, kata Ali.

KPK telah menyita rumah mewah di Simprug, rumah kost di Blok M, dan kontrakan di Meruya Jakarta Barat.

Untuk kendaraan yang telah disita ini adalah dua mobil jenis Toyota Camry dan Land Cruiser yang disita dari Kota Solo, Jawa Tengah.

Selanjutnya di Yogyakarta, KPK menyita satu motor gede (moge) Triumph 1200cc.

Tersangka Rafael Alun resmi ditahan KPK pada Senin (3/4) dalam perkara gratifikasi.

Diduga Rafael menerima gratifikasi dari beberapa wajib pajak atas pengondisian berbagai temuan pemeriksaan perpajakannya.

Selanjutnya, pada Rabu (10/5/2023), KPK mengumumkan bahwa Rafael kembali ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan TPPU.

KPK menduga, terdapat kepemilikan aset-aset tersangka Rafael yang ada kaitannya dengan TPPU.

Ditambahkan Ali Fikri, KPK masih terus melakukan follow the money (mengikuti aliran uang) dan identifikasi aset terkait perkara ini untuk optimalisasi pemulihan aset dari hasil korupsi yang dilakukan selama ini.

Kami juga mengajak masyarakat turut berperan dengan cara menginformasikan kepada KPK bila memiliki data dan informasi terkait perkara dimaksud, tegas Ali Fikri.

KPK juga telah melakukan pencegahan terhadap lima orang anggota keluarga Mario Dandy agar tidak bepergian ke luar negeri selama 6 bulan, sejak 13 April 2023 sampai dengan 13 Oktober 2023.

Empat anggota keluarga Mario Dandy yang dicegah itu adalah Ernie Meike Torondek selaku istri Rafael, Gangsar Sulaksono selaku adik Rafael, Angelina Embun Prasasya selaku anak Rafael, Christofer Dhyaksa Darma selaku anak Rafael, dan Wahono Saputro selaku Kepala Kantor Pajak Madya Jaktim. (pojoksatu)

Topik Menarik